Kegiatan Pelatihan Nelayan di Kab. Lamongan

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Kabupaten Lamongan sebanyak 2 ( dua ) angkatan yaitu Pelatihan permesinan kapal penangkap ikan skala kecil bertempat di Kelurahan Brondong, Kecamatan Brondong dengan jumlah peserta 50 orang nelayan dan Pelatihan alat bantu penangkapan (lampu celup dalam air)  bertempat di Desa Kranji, Kecamatan Paciran dengan jumlah peserta 50 orang nelayan, sehingga total peserta pelatihan di Kabupaten Lamongan sebanyak 100 orang nelayan.

Proses pelatihan alat bantu penangkapan (lampu celup dalam air)
Proses pelatihan alat bantu penangkapan (lampu celup dalam air)

Sasaran kegiatan permesinan adalah nelayan yang telah menggunakan/memiliki mesin sebagai penggerak kapal penangkapan ikan. Dengan adanya pelatihan diharapkan peserta pelatihan mampu mengenal bagian-bagian mesin serta mengetahui penyebab kerusakan mesin. Sehingga dengan pengetahuan serta ketrampilan yang didapat maka mampu melakukan perawatan harian sehingga mesin yang digunakan mempunyai lebih terawat dan siap pakai. Peserta pelatihan permesinan berasal dari 2 kecamatan yaitu : Kecamatan Brondong dan Kecamatan Paciran sedang mesin yang digunakan adalah dongfeng, Yanmar, dan Honda GX 30.

Hasil akhir lampu celup dalam air
Hasil akhir lampu celup dalam air

Sedangkan untuk pelatihan alat bantu penangkapan (lampu celup dalam air) adalah nelayan pancing serta nelayan yang menggunakan alat penangkapan ikan gill net, trawl mini, payang, purse seine dan bubu. Peserta berasl dari 3 kecamatan yaitu : Kecamatan Paciran, Kecamatan Brondong dan Kecamatan Solokuro. Pengenalan lampu celup dalam air bertujuan untuk meningkatkan produktifitas nelayan skala kecil yang menggunakan alat tangkap pancing. Lampu celup dalam air yang dikenalkan merupakan lampu celup yang sangat sederhana, murah dan mudah dalam pembuatannya. (ptpiprobolinggo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here