Perluasan Akses Pasar Produk Kelautan Dan Perikanan Bagi Pelaku UMKM Oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur

0
905

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur memberikan kesempatan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk memperluas akses pasar produk kelautan dan perikanan diantaranya dengan mengikuti promosi gelar produk di fasilitas umum maupun bazar dan kegiatan pameran event tertentu. Manfaat pelaku UMKM perlu mengikuti kegiatan ini antara lain :

1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial;
2. Membentuk citra produk di mata konsumen;
3. Untuk mendapatka menaikkan penjualan produk;
4. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan;
5. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Syarat mengikuti kegiatan ini pelaku UMKM harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengirimkan sampel produk untuk dilakukan pengujian ke Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan. Pengujian produk tersebut merupakan upaya DKP Provinsi dalam mengendalikan jaminan mutu dan keamanan pangan pada produk kelautan dan perikanan yang beredar dalam Provinsi Jawa Timur.

Pengujian produk tersebut berupa uji bahan kimia berbahaya (formalin, boraks dan pewarna rhodamin). Dalam hal ini, jika hasil uji dinyatakan positif mengandung zat-zat berbahaya tersebut, maka produk pengusul tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan gelar produk, bazar maupun pameran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Tindakan selanjutnya adalah melakukan pembinaan terhadap UMKM tersebut serta memonitoring mutu bahan bakunya.

Adapun kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh UMKM antara lain :

1. Fotocopy kartu tanda penduduk;
2. Fotocopy TDP dan SIUP jika UMKM berbadan hukum;
3. Fotocopy surat keterangan domisili usaha dari Dinas Perikanan Kabupaten/kota khusus untuk untuk yang tidak berbadan hukum;
4. Fotocopy PIRT atau badan POM;
5. Membawa sampel produk untuk dilakukan uji mutu dan uji bahan kimia berbahaya.

Sedangkan jadwal pameran yang rencana akan dilaksanakan pada bulan april 2017 adalah pameran Indonesian Marine and fisheries expo 2017 di Grand City Surabaya pada tanggal 27 – 30 April 2017.

Bagi yang berminat mengikuti kegiatan tersebut dapat menghubungi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, melalui Contact person edi rukyanto di nomor HP 081330688656.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here