Peningkatan Produksi Dan Olahan Rumput Laut Di Kabupaten Sumenep

0
1895

Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan yang ada di Provinsi Jawa Timur. Permintaan akan rumput laut sangatlah tinggi, ditandai dengan meningkatnya produksi rumput laut per tahunnya di Propinsi Jawa Timur. Produksi rumput laut pada tahun 2015 sebanyak 608.132,5 Ton sedangkan pada tahun 2016 produksi rumput laut mengalami peningkatan sebanyak 645.274,1 Ton. Dari data diatas dapat dilihat peningkatan produksi yang dialami sebanyak 37.141,6 Ton. Peningkatan produksi ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu adanya upaya perluasan lahan budidaya dari pelaku budidaya, penggunaan bibit yang unggul, penggunaan metode budidaya yang lebih baik serta adanya penambahan jumlah rakit yang menjadi saran utama budidaya rumput laut. Dari keseluruhan jumlah tersebut dihasilkan oleh beberapa kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Pacitan. Dari  9 daerah tersebut, penghasil rumput laut tebanyak adalah Kabupaten Sumenep dengan jumlah 624.026,3 Ton.

Hasil produksi rumput laut dapat diolah menjadi beberapa produk olahan makanan, kosmetik dan kesehatan. Produk olahan makanan dari rumput laut seperti agar-agar, dodol, kerupuk, es, puding rumput laut dan lainnya.

Kegiatan pengikatan bibit ke tali ris
Kegiatan pengikatan bibit ke tali ris

Penjemuran rumput laut
Penjemuran rumput laut

Manfaat rumput laut bagi kesehatan diantaranya :

  • Pencegahan pengeroposan tulang. Kalsium yang dihasilkan dari rumput laut dengan kandungannya yang lima kali lebih besar dibandingkan dengan susu. Bagi perempuan yang diusia lanjut, mengkonsumsi rumput laut untuk mencegah terjadinya gejala penyakit Osteoporosis.
  • Pencegahan kanker
    Kandungan vitamin C dapat mengandung antioksidan yang mencegah gejala kanker, selain dapat merawat kecantikan kulit.
  • Menurunkan berat badan
    Rumput laut mengandung serat alami yang baik untuk mengontrol berat badan seperti juga pada manfaat buah apel dan pear. Mengkonsumsinya dengan teratur akan memberikan efek diet yang sehat.
  • Dapat mengurangi penyakit Hipertemia
    Hipertemia adalah penigkatan suhu tubuh yang tinggi manusia yang biasanya terjadi karna infeksi. (bidangbudidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here