Peringatan Hari Nelayan Indonesia Di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

0
754

Pada hari Kamis, tanggal 06 April 2017 segenap guru dan murid SMP Muhammadiyah 11  Kota Surabaya memperingati Hari Nelayan Indonesia. Kegiatan yang patut diapresiasi, disaat semua orang mulai melupakan hari ini, ternyata ada sekolah yang merayakannya. Acara tersebut dihadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, dan Perwakilan dari kelompok nelayan di Kota Surabaya.

Acara ini baru pertama kali diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 11 setelah disadari bahwa Indonesia ternyata memiliki potensi sumberdaya ikan yang cukup besar. Sementara itu, di lain sisi nelayan merupakan salah satu profesi yang harus diperhatikan. Dengan laut yang luas, sudah sepantasnya Nelayan merasakan dampaknya dan hidup sejahera.

Dalam sambutannya, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa acara Hari nelayan Indonesia diadakan dengan tujuan menghormati peluh keringat yang dikeluarkan para Nelayan dalam menghadapi risiko di tengah laut yang sangat tinggi untuk mencari ikan serta sebagai ucapan rasa terima kasih kepada nelayan atas apa yang telah mereka kerjakan selama ini. Selain itu istilah ikan dari laut sampai ke meja makan hingga kita dapat merasakan manfaat ikan, kesemuanya itu tak bisa lepas dari jasa nelayan. Nelayan juga dapat dikatakan sebagai Pahlawan Pemenuhan Gizi Bangsa. Sebab ikan hasil tangkapan nelayan adalah makanan dengan  kandungan gizi yang cukup tinggi, mudah diserap bagi tubuh dan baik untuk pertumbuhan serta kecerdasan otak. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan setiap tanggal 6 april sebagai Hari Nelayan Nasional.

Suasana acara bakar ikan dan makan ikan bersama
Suasana acara bakar ikan dan makan ikan bersama

Acara Hari Nelayan ini diawali dengan pawai keliling di lingkungan sekitar SMP Muhammadiyah 11 Surabaya yang bertujuan untuk mengenalkan kepada lingkungan sekitar bahwa ada hari yang cukup penting pada tanggal 06 April, yaitu Hari Nelayan Nasional. Perayaan Hari Nelayan dibuka lomba menangkap ikan lele secara simbolis oleh perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur yang merupakan rangkaian acara pada kegiatan tersebut.  Selain itu juga terdapat bazar olahan ikan yang diberdayakan oleh perwakilan komite sekolah. Produk olahan seperti rengginang kepiting, pastel tuna, kerupuk ikan, dan berbagai olahan lainnya dijual di sekitar area bazar.

Salah satu stan penjual produk olahan ikan
Salah satu stan penjual produk olahan ikan

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan yang menarik. Pembukaan acara diawali oleh lomba menangkap ikan lele. Kemudian acara diteruskan dengan bakar ikan bersama dan makan ikan bersama. Selain untuk memeriahkan acara, juga dimaksudkan mengajak para siswa  untuk mengenal ikan. Harapannya para siswa antusias untuk mengikuti ajakan Gemar Makan Ikan sebab beberapa diantara murid yang hadir masih ada yang tidak suka makanan berbahan ikan. (bidangtangkap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here