Petik Laut Di Kota Pasuruan

0
1142

Pada hari senin tanggal 13 Maret 2017, Nelayan di pesisir pantai utara Kota Pasuruan merayakan petik laut dan tasyakuran atas hasil tangkapan yang melimpah. Sepotong kepala sapi dan nasi tumpeng dilarung dengan diiringi puluhan perahu nelayan dalam perayaan petik laut, Petik laut ini diselenggarakan masyarakat pesisir sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki kepada para nelayan atas hasil tangkapan laut yang menjadi mata pencahariannya. Selain sebagai tradisi yang sudah turun temurun tersebut, petik laut ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Jadi Kota Pasuruan ke-331 tahun.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah Kota Pasuruan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). Walikota Pasuruan turut serta menghadiri kegiatan Festival Nelayan ini dan memberi sambutan bahwa kegiatan petik laut adalah budaya peninggalan nenek moyang kita yang harus dilestarikan, sehingga kita harus bersyukur dan berhasil meningkatkan mata pencahariannya. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur juga turut serta memeriahkan acara ini dengan memberikan kontribusi berupa penyediaan sarana promosi seperti umbul-umbul dan spanduk serta sarana hiburan berupa penyediaan sound system dan band musik

Kegiatan ini diharapkan nantinya bisa dikemas dengan lebih baik, sehingga bisa menjadi salah satu potensi wisata kota Pasuruan. Perlu ada evaluasi tiap tahunnya agar kegiatan ini dapat menarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan luar.

Proses pelarungan saji ke tengah laut
Proses pelarungan saji ke tengah laut

Secara khusus, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Pasuruan atas dukungannya berupa bantuan dana maupun semangat. Selain itu, perwakilan HNSI menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara ini, sebab 1 minggu sebelumnya nelayan setempat sudah mulai mendapat penghasilan yang baik secara signifikan dan berharap agar kegiatan perikanan di pesisir utara Pulau Jawa menjadi lebih baik. (bidangtangkap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here