Pertemuan Budidaya Ikan Nila Di Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Budidaya Air Tawar (UPT PBAT) Umbulan

UPT PBAT Umbulan merupakan salah satu UPT budidaya yang melaksanakan tugas dalam pengembangan budidaya ikan air tawar berlokasi di Desa Sidepan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Salah satu komoditas unggulan dari UPT PBAT Umbulan adalah ikan nila Jatimbulan (Jawa Timur Umbulan) yang merupakan ikan hasil pemuliaan. Pada tanggal 3-5 april 2017 UPT PBAT Umbulan melakukan kegiatan pertemuan dengan 30 orang pembudidaya ikan  yang berasal dari 10 Kabupaten / Kota antara lain ; Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang, Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sampang. Materi yang diberikan adalah Teknik budidaya Ikan Nila mulai dari persiapan lahan, pengendalian kualitas air, manajemen induk dan benih nila, pembesaran ikan nila serta aplikasi probiotik. Tujuan diadakannya acara ini ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta.

Praktek pakan mandiri
Praktek pakan mandiri

Selain pemberian materi, kegiatan praktek secara langsung juga dilakukan oleh para peserta yang dibimbing oleh instruktur yang kompeten dibidangnya. Adapun kegiatan praktek yang dilakukan antara lain ;

  • Pengolahan tanah dasar kolam
  • Pengapuran tanah dasar kolam
  • Seleksi induk (Pemilihan induk yang baik melalui metode pengukuran morfometrik)
  • Pemindahan induk
  • Pemilihan benih yang baik
  • Perbanyakan / kultur bakteri dari probiotik
  • Pembuatan pakan mandiri
Pengapuran kolam
Pengapuran kolam

Dengan praktek secara lansung di lapangan,  diharapkan peserta lebih cepat memahami sekaligus mempraktekkan materi yang telah diberikan dan target yang diharapkan bisa tercapai. UPT PBAT Umbulan juga memberikan bantuan benih calon induk ikan Nila Jatimbulan kepada masing-masing  peserta, dengan jumlah 2.000 ekor/orang. Dengan adanya bantuan ini, para pembudidaya bisa mendapatkan induk ikan Nila yang unggul serta meningkatkan produksi dan produktivitas usaha budidaya. (bidangbudidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here