Penanaman Pohon Dan Bersih Pantai Di Kawasan Pantai Sumur Gemuling, Tambakrejo, Kabupaten Blitar

Beberapa stakeholder peduli lingkungan di Kabupaten Blitar menyelenggarakan kegiatan penyelamatan bumi melalui penanaman pohon dan bersih pantai di Pantai Sumur Gemuling, Tambakrejo, Kabupaten Blitar. Pelopor dari kegiatan tersebut adalah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar yang bekerja sama dengan komunitas pencinta alam bernama Jawa Dipa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu pagi pada bulan April 2018. Namun demikian beberapa orang telah mempersiapkan diri 2 hari sebelumnya, mereka mendirikan tenda di sekitar lokasi penanaman. Banyak sekali komunitas dan pihak yang ikut serta dalam kegiatan ini, bahkan sampai ada yang datang dari luar kota seperti komunitas KMGRT(Komunitas mancing Guyub Rukun Tulungagung), Family TRIP dari Trenggalek dan juga Salowanu dari Kediri. Hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar (sebagai pelopor utama penghijauan kawasan yang perlu dilestarikan), UPT P2SKP Tambakrejo, KAMLADU (sebagai pengamanan kawasan pantai di daerah Kabupaten Blitar) dan juga komunitas Jawa Dipa Sahabat Alam.

Penanaman mangrove di kawasan Pantai Sumur Gemuling
Penanaman mangrove di kawasan Pantai Sumur Gemuling

Penanaman dilakukan pada areal pantai sepanjang 300 meter. Beberapa jenis tumbuhan yang sengaja ditanam untuk kegiatan ini meliputi ; cemara udang, mangrove, aplikatus, trembesi, tunas kelapa serta berbagai jenis tanaman lainnya yang sesuai untuk kawasan pantai. Total pohon yang ditanam sekitar 100 pohon. Kegiatan tersebut berlangsung hampir 4 jam, mulai pagi sekitar jam 06.00 wib hingga selesai sekitar jam 10.00 wib. Peserta yang hadir mencapai sekitar 150 orang. Kegiatan tersebut diawali dengan pembersihan sekitar kawasan Pantai Sumur Gemuling dan dilanjutkan dengan penanaman pohon sampai selesai. Hasil dari Kegiatan penanaman akbar ini selain bisa menambah keindahan kawasan Pantai Sumur Gemuling, juga sebagai upaya penyelamatan terhadap bumi dari kerusakan lingkungan serta menarik minat pengunjung wisata. (uptp2skptambakrejo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here