Kegiatan Sosialisasi Penyadaran Hukum Tentang Dampak Penggunaan Alat Tangkap Yang Tak Ramah Lingkungan (Yang Dilarang) Serta Pengenalan Alat Tangkap Yang Ramah Lingkungan

Bulu, Tuban – Pebruari 2018 UPT PELABUHAN DAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN BULU TUBAN mengadakan Sosialisasi Penyadaran Hukum Tentang Dampak Penggunaan Alat Tangkap Yang Tak Ramah Lingkungan (Yang Dilarang) Serta Pengenalan Alat Tangkap Yang Ramah Lingkungan. Kegiatan ini dilakukan mengingat pentingnya menumbuhkan kesadaran hokum masyarakat sekitar area Pelabuhan Perikanan Bulu – Tuban terhadap Peraturan Perundang-undangan di Bidang Kelautan Dan Perikanan.

Untuk mencegah terjadinya over fishing di laut, dalam sosialisasi kali ini masyarakat nelayan Bulu mendapat penjelasan tentang peraturan Menteri Kelautan dan perikanan Republik Indonesia  Nomor 2 /Permen – KP /2015 tentang Larangan Penggunaan alat Penangkap Ikan Pukat hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets) di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia.

Sebagai narasumber adalah Bapak Suryono, SE, M.Hum selaku koordinator Satwas PSDKP Lamongan , yang menjelaskan secara detail Jenis Jenis alat tangkap yang ilegal atau  dilarang di perairan Laut Indonesia dan mengajak nelayan Bulu Tuban untuk mengunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Dengan diadakanya sosialisasi ini diharapkan nelayan Tuban tidak mengunakan alat tangkap yang dilarang oleh pemerintah dan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan agar sumberdaya perikanan tetap lestari. (uptp2skpbulu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here