“Pesisir Berseri” Di Pacitan Tanam 3000 Pohon Mangrove

0
279

UPT P2SKP Tamperan Kabupaten Pacitan pada bulan Juni melaksanakan kegiatan “Pesisir Berseri” bersama ± 200 masyarakat di Pantai Siwil Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kab. Pacitan, Camat Ngadirojo, Danramil Ngadirojo, Kamladu Pacitan, Kepala Desa Sidomulyo dan Pokmaswas Ngadirojo.

Pada kesempatan ini masyarakat yang hadir dibekali pengetahuan tentang pentingnya menjaga kelestarian wilayah pesisir yang disampaikan oleh Kepala UPT P2SKP Tamperan, Dr. Ir. Ninik Setyorini, MT.

“Penanaman mangrove sangat penting dilakukan karena mangrove sebagai daerah mencari makanan dan daerah pemijahan bermacam biota perairan seperti kepiting, udang dan ikan baik yang hidup di perairan pantai. Sehingga saya berharap masyarakat disini ikut menjaga ekosistem mangrove agar biota yang hidup di pesisir tidak mati,” Terang Ninik Setyorini yang dikutip saat membuka kegiatan ini.

Penanaman mangrove oleh masyarakat sekitar pantai Siwil
Penanaman mangrove oleh masyarakat sekitar pantai Siwil

Kegiatan penanaman mangrove dilaksanakan untuk menjaga kelestarian ekosistem mangrove di pesisir Pacitan, sehingga perlu adanya kegiatan penanaman mangrove. Pesisir Berseri di Kabupaten Pacitan dilaksanakan bersama masyarakat, karena merekalah yang nantinya akan merasakan manfaat dari kegiatan ini. Selain sebagai tempat pemijahan biota laut, dengan ditanamnya mangrove di pantai Siwil, diharapkan natinya akan menjadi daya tarik wisatawan sehingga dapat menjadi lahan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. (uptp2skptamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here