Monitoring LPK oleh Deputi Bidang Akreditasi Badan Standarisasi Nasional Di UPT PMP2KP Surabaya

0
142

Sekretaris Jenderal BadanStandarisasi Nasional (BSN) Deputi Bidang Akreditasi Drs. Kukuh Syaefudin Achmad, M.Sc berkunjung ke UPT PMP2KP Surabaya dalam rangka monitoring Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di Laboratorium penguji yang terakreditasi ISO 17025. BSN merupakan Lembaga pemerintah non kementerian Indonesia dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi Indonesia. Sedangkan pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Standardisasi Nasional di bidang akreditasi dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Agenda kunjungan Drs. Kukuh Syaefudin Achmad, MSc adalah melakukan monitoring terhadap UPT PMP2KP Surabaya yang merupakan Laboratorium penguji yang telah terakreditasi oleh KAN dengan No. LP-088-IDN sejak tahun 2000. Kegiatan monitoring ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dan pengawasan terhadap Laboratorium penguji. Adapun kendala yang dihadapi UPT PMP2KP Surabaya adalah sulitnya mendapatkan control positif Vibrio Cholera, belum tersedianya Lembaga profisiensi untuk parameter uji Dimetridazol, Sulfadiazine dan parameter organoleptik serta belum adanya standarisasi dari pihak KAN untuk Lembaga pelatihan yang direkomendasikan terkait dengan laboratorium. Hal tersebut ditanggapi dengan positif oleh Sekretaris Jenderal BSN Deputi Bidang Akreditasi dengan menjelaskan bahwa KAN sedang membangun laboratorium di kawasan LIPI, Serpong sebagai Laboratorium penelitian untuk membantu Laboratorium akreditasi di Indonesia, salah satunya dengan menyiapkan control positif untuk parameter biologi.

UPT PMP2KP Surabaya mempunyai 58 parameter uji yang telah terakreditasi, yang terdiri dari 21 parameter uji mikrobiologi, 7 parameter ujiorganoleptik dan 30 parameter uji kimia. Kompetensi UPT PMP2KP Surabaya telah diakui keberadaannya di provinsi Jawa Timur dan nasional, hal ini dibuktikan dengan banyaknya Unit Pengolah Ikan (UPI) dan UMKM sebagai pengguna jasa pengujian yang telah mengujikan sampel atau produknya.

Pada tahun 2018 jumlah unit usaha yang telah dilayani oleh UPT PMP2KP Surabaya sebanyak 700 unit usaha yang terdiri dari unit pengolah ikan skala besar, UPI skala kecil, pembudidaya ikan, pasar ikan modern dan pasar ikan tradisional, pelabuhan perikanan dan sebagainya. (UPT PMP2KP Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here