UPT PPP Tamperan Libatkan Pelaku Pelabuhan Untuk Sosialisasi Tarif BLUD

0
160

Kebijakan baru pasti menimbulkan dampak pada lingkungan dimana kebijakan tersebut berlaku. Untuk meminimalisir hal tersebut UPT PPP Tamperan Pacitan melakukan sosialisasi yang melibatkan masyarakat setempat serta pelaku pelabuhan mulai pegawai TPI, Pemilik kapal, bakul, pemilik kios, gudang dan lainnya. Hal ini diharapakan kebijakan baru tersebut dapat diterima menyeluruh dan dapat diterapkan dengan mudah jika seluruh pelaku memahami serta berkenan mempelajari.

Penekanan sosialisasi tersebut adalah kenaikan tarif pada pembayaran retribusi masuk pelabuhan, tambat labuh, jasa kebersihan gedung dan bangunan, air bersih dan listrik, kebersihan bongkar muat, dan lainnya, akan berlaku pada 1 April mendatang. Yang berdasar pada pertama, penetapan UPT PPP Tamperan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) melalui keputusan Gubernur Jawa Timur tanggal 19 september 2017. Kedua, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang badan layanan umum daerah pasal 81, mngenakan tarif layanan atas penyediaan barang dan jasa kepada masyarakat.

Estimasi retribusi masuk pelabuhan yang baru adalah yang awalnya perorang dikenakan Rp 500,- saat ini menjadi Rp 1.000,-. Sepeda motor tarif awal Rp 1000,- kini Rp 2.000,-. Mobil dari Rp 2.000,- menjadi Rp 3.000,- . Es dari rp 100,- perbalok kini Rp 250,-. Truk Engkel tarif awal Rp 3.000,- sekarang Rp 5.000,-.

Sosialiasi tersebut berjalan lancar bahkan disertai season tanya jawab audien pada Kepala UPT PPP Tamperan Ninik Setyorini yang menyampaikan paparan secara langsung. “Antusias sekali sehingga kami berharap kedepan tidak ada dampak yang ditimbulkan dari ketetapan tarif pelabuhan khususnya retribusi masuk, sewa tempat, labuh kapal dan lainnya,” tuturnya.

Dilanjutkan Kepala Seksi Pelayanan Taknis Pelabuhan memberikan pencerahan tentang Kartu Pelayanan Pelabuhan (Kalbu Smart) yang saat ini sedang memasuki tahap pendataan pengguna pelabuhan. Salim menjelaskan kedepan seluruh akses kepelabuhan akan menggunakan kartu bermagnetic strip tersebut jadi diharapakan seluruh element keluarga besar Tamperan dapat mensukseskan. (UPT PPP Tamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here