MoU Pengolah Produk Ikan Berbasis Pelumatan Daging Ikan dan Surimi, UMKM Kota Probolinggo Siap Bersaing!

Pemberian Kartu KUSUKA Kepada Poklahsar Pelumatan daging Ikan dan Surimi

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan pada Usaha Pelumatan Daging Ikan di Kota Probolinggo. Peserta terdiri dari pengolah produk ikan berbasis pelumatan daging ikan dan surimi, supplier ikan segar, pemasar ritel dan penyuluh perikanan. Adapun materi dan narasumber pertemuan adalah sebagai berikut ini:

  1. Penguatan dan Pengembangan Usaha melalui Pola Kemitraan Usaha dan Permodalan, oleh Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang
  2. Kebijakan Pembinaan Pelaku Usaha dan Kartu KUSUKA, oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo
  3. Proses Surimi Paste oleh PT. Southern Marine Products
  4. Strategi Pemasaran, Ketua Asosiasi Makan Minum Jatim Korda Probolinggo

Pelaksanaan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan pada Usaha Kegiatan Pelumatan Daging Ikan ini bertujuan untuk 1) memberikan pemahaman mengenai konsep penguatan dan pengembangan usaha melalui pola kemitraan usaha dan akses permodalan; 2) memberikan informasi kebijakan pembinaan pelaku usaha pengolahan dan pemasaran produk hasil perikanan Kota Probolinggo dan kartu KUSUKA 3) memberikan informasi usaha pelumatan daging ikan dan pembuatan surimi 4) memberikan pemahaman tentang strategi pemasaran produk olahan hasil perikanan 5) mendorong tumbuhnya peluang pengembangan usaha melalui pola kemitraan.

Suasana Kegiatan Sosialisasi

Salah satu rangkaian acara pada kegiatan sosialisasi ini yaitu pemberian secara simbolis Kartu KUSUKA kepada 20 pengolah pelumatan daging ikan dan surimi. “Kepemilikan kartu KUSUKA untuk poklasar wajib diperhatikan dan merupakan identitas tunggal untuk semua pelaku usaha kelautan dan perikanan” ujar kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo, Bapak Ir. Sudiman MM. Prosedur untuk memiliki kartu ini cukup mudah yaitu dengan melakukan pendaftaran melalui penyuluh perikanan atau petugas dinas perikanan pada daerah setempat. Upaya pemerintah kota Proboliggo dalam kegiatan pembinaan poklahsar dapat mendukung pertumbuhan usaha UMKM, salah satunya dalam bentuk pelatihan diversifikasi olahan perikanan dengan tujuan meningkatkan penganekaragaman olahan (snack) yang berbasis ikan bagi pengolah dan pemasar.

Menurut Ir. Agus Tumulyadi, MP, dosen Universitas Brawijaya, penguatan dan pengembangan usaha dapat diwujudkan dengan cara membangun karakter kinerja perusahaan melalui pengembangan visi perusahaan; kepercayaan konsumen terhadap perusahaan; kemampuan kerjasama internal dan eksternal dan kemampuan mengikuti perkembangan teknologi. Menerapkan manajemen usaha yang baik dengan mengoptimalkan manajemen operasi; membangun manajemen SDM; menerapkan manajemen keuangan serta up date terhadap manajemen pemasaran.

Diakhir kegiatan sosialisasi dilakukan penandatanganan dua MoU (Memorandum of Understanding) sebagai bentuk kemitraan antar peserta yang hadir pada Kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan berupa 1) kemitraan penyediaan bahan baku produk perikanan berupa daging ikan lumat dan surimi antara PT. Southern Marine Products dengan poklahsar Segoro Mesra 2) kemitraan antara Asosiasi Makanan dan Minuman Jawa Timur Korda Probolinggo dengan Koperasi UPI Bahari berupa fasilitasi di bidang pemasaran produk olahan hasil perikanan termasuk peningkatan legalitas dan branding. Melalui kedua kesepakatan ini akan berlaku hingga satu tahun mendatang. (Bidang P3KP)

Penandatanganan MoU anatar Asosiasi Makanan dan Minuman Jawa Timur Korda Probolinggo dengan Koperasi UPI Bahari
Penandatanganan anatar PT. Southern Marine Products dan Poklahsar Segoro Mesra

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here