Kunjungan Kerja Menteri Kelautan Dan Perikanan Bersama Nelayan Dan Pengusaha Muncar

Sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan

Kamis, 4 April 2019, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muncar Banyuwangi menerima kunjungan kerja Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. Beliau (Susi) bersama Bupati Banyuwangi, Bapak Azwar Anas mengadakan diskusi santai dengan para nelayan dan pengusaha ikan di Aula UPT. PPP Muncar. sekitar 300 orang berkumpul dengan antusias untuk bertemu Menteri favorit mereka.

Ada beberapa catatan penting yang disampaikan oleh Ibu Susi yaitu :

  1. Kapal penangkap ikan ukuran dibawah 10 GT, tidak perlu perizinan.
  2. Perusahan pengolahan ikan harus membuat IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).
  3. Menghimbau kepada setiap koperasi untuk menyediakan mesin penghancur es (ice crusher) untuk mensuplay kebutuhan es nelayan. Es untuk perbekalan kapal harus berbentuk curai.
  4. Menghimbau agar Kapal ukuran diatas 10 GT harus menangkap ikan di atas 4 mil dari bibir pantai dan diusahakan dalam satu minggu wajib libur satu hari untuk memberi kesempatan ikan bertelur dan berkembang biak. Agar tidak terjadi over fishing.
  5. Menyarankan agar TPI (Tempat Pemasaran Ikan) dibangun dua lantai, lantai pertama untuk berjualan ikan dan lantai kedua untuk restoran/rumah makan seafood.
Sambutan Bupati Banyuwangi

Beliau juga mengapresisasi kondisi pelabuhan perikanan muncar yang sudah jauh berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, sekarang sudah bersih, tertata rapi dan luas. Tak lupa Beliau memberi pesan kepada seluruh masyarakat Banyuwangi pada khususnya agar jangan membuang plastik atau sampah ke laut. Karena akan mengganggu ekosistem dan keberlanjutan biota laut. (UPT PPP Muncar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here