Kompetensi Pelaku Usaha Perikanan Trenggalek Ditingkatkan

0
137
Pemaparan Dosen FPIK Universitas Brawijaya

“Pelaku usaha Kelautan dan Perikanan di Trenggalek sangat diuntungkan dengan lokasi bahan baku ikan segar yang senantiasa berlimpah di lokasi sehingga tidak perlu khawatir dalam penyediaannya.”

Pernyatan ini disampaikan Ririn, owner UD. Family Food, narasumber pada Sosialisasi Majanemen Keuangan dan Analisa Usaha di Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini diikuti 150 orang peserta, terdiri atas pemindang, pengasap, pengering, pengolah surimi dan suplier ikan. Kegiatan diselenggarakan di Balai Pertemuan Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi pada, 11 April 2019.

Kegiatan Sosialisasi Majanemen Keuangan dan Analisa Usaha di Kabupaten Trenggalek ini diadakan untuk meningkatkan kompetensi Poklahsar KP (Kelautan dan Perikanan). Masih menurut Ririn, pelaku usaha pengolahan ikan harus memiliki sertifikat SKP (Standar Kelayakan Pengolahan) dengan memperhatikan sistematis ruang produksi dengan sekali alur. Pelaksanaan pengolahan produksi dengan sekali alur ruangan meliputi persiapan-pembentukan-pemasakan-pembekuan-pengemasan dan penyimpanan. Selain itu pelaku usaha harus memiliki legalitas usaha dan konsisten terhadap kualitas rasa, tekstur, aroma, warna dan pengemasan produk.

Narasumber lainnya, Ir. Agus Tumulyadi MP, Dosen Universitas Brawijaya mengatakan, membangun usaha bagaikan hobi yang senantiasa dipacu dengan peningkatan keahlian yang telah dimiliki. Dimulai dengan ide dan modal, selanjutnya pengembangan ide mengikuti.

“Jika tidak bisa menghadapi masalah dan menyelesaikan solusi, berpikirlah yang luas, keras agar semakin cerdas!” katanya.

Peserta Kegiatan pelaksanaan Sosialisasi Majanemen Keuangan dan Analisa Usaha

Peserta mendapatkan materi tentang pembinaan POKLAHSAR di Kabupaten Trenggalek dan Kartu KUSUKA untuk Pengolah dan Pemasar Perikanan oleh Plt. Kepala Dinas Kabupaten Trenggalek. Juga Manajemen Usaha Kelautan dan Perikanan oleh Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Brawijaya. Serta Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran oleh PT. SPORA dan Penguatan Usaha melalui Pengelolaan Manajemen Keuangan dan Kelembagaan Usaha oleh UD. Family Food.

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Majanemen Keuangan dan Analisa Usaha ini bertujuan memberikan tambahan wawasan tentang manajemen usaha, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran bagi poklahsar. Tujuan lainnya mendapatkan informasi pengalaman berharga pelaku usaha (UKM) dalam pengembangan dan penguatan usahanya. Juga memberikan informasi kebijakan pemerintah daerah mengenai pembinaan Poklahsar serta memberikan informasi percepatan kepemilikan Kartu KUSUKA pengolah dan pemasar hasil perikanan.

Upaya yang sedang dilakukan untuk pengembangan poklahsar di kabupaten Trenggalek adalah bimtek terkait diversifikasi olahan, penyusunan analisa usaha dan pendampingan pengelolaan poklahsar. Pengelolaan dalam poklahsar terkait dengan pembentukan kelompok diharapkan dapat meningkatkan efisiensi usaha dan mengatasi masalah dalam kelompok. Strategi dasar dalam pengelolaan poklahsar sarana prasarana usaha, modal, mitra usaha dan pangsa pasar serta peningkatan kapasitas SDM. (Bidang P3KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here