Festival Kali Bersih 2019 “Lestarikan Bumi dan Air untuk Kehidupan” Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar

0
155
Puncak Acara Festival Kali Bersih 2019 di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar

Hari Sabtu tanggal 27 April 2019 merupakan puncak acara Festival Kali Bersih 2019 di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 WIB dan dibuka dengan senam pagi yang dihadiri oleh Perwakilan dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Kepala OPD Kabupaten Blitar, Dinas Lingkungan Hidup, Camat se Kabupaten Blitar, Kepala Desa Tawangrejo, Ketua Pokmaswas Fajar Bengawan, dan PKK Kabupaten Blitar.

Senam Pagi Pembukaan Puncak Festival Kali Bersih 2019 di Kabupaten Blitar

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Blitar Bapak Rijanto menghimbau kepada warga Kabupaten Blitar untuk menjalankan surat edaran yang telah dikeluarkan tentang pengurangan penggunaan sampah plastik dan sedotan. Hal ini sudah dibuktikan dengan tidak adanya air mineral berkemasan plastik dalam konsumsi yang diperuntukkan tamu undangan. Selain itu pada surat undangan juga diberitahukan untuk membawa botol tempat minum isi ulang. Selain ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Blitar, Bupati juga menginstruksikan kepada seluruh ASN dan karyawan karyawati Pemkab Blitar untuk mengurai sampah plastik dan mengelola sampah rumah tangga. Selain dalam rangka memperingati Hari Bumi, instruksi tersebut merupakan upaya Pemkab Blitar untuk mengurangi sampah plastik dimana sampah plastik merupakan permasalahan utama karena sifatnya sulit terurai.

Instruksi dan pesan Bupati dalam surat edaran yaitu untuk membatasi penggunaan kemasan plastik sekali pakai (gunakan botol air isi ulang dan gunakan tas berbelanja sendiri), kurangi timbulan sampah (terutama plastik) pada saat rapat dan sosialisasi, pilah sampah dirumah dan dikantor.

Kegiatan Penebaran Benih Ikan di Sungan Badher Bank Desa Tawangrejo Kec. Binangun Kab. Blitar

Selanjutnya, Bupati Blitar bersama tamu undangan menuju ke Wisata Konservasi Badher Bank untuk melakukan penaburan benih ikan. Menurutnya, sungai memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan dan harus dirawat serta dibebaskan dari pencemaran. Beliau juga mengapresiasi kepada Pokmaswas Fajar Bengawan Desa Tawangrejo yang telah berhasil menyadarkan masyarakat tentang fungsi sungai dengan hadirnya kawasan konservasi Badher Bank yang selanjutnya berkembang menjadi kawasan ekowisata. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here