Membawa serta Nelayan, Kunjungan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Denpasar Ke UPT PPP Pondokdadap

Pondokdadap (01/05) Tepat pada Hari Buruh 2019 Rabu kemarin, Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar yang membawa serta 40 orang nelayan menuju Pelabuhan Perikanan Pondokdadap di Sendang Biru, Malang. Kunjungan ini bermaksud untuk mengenalkan kepada nelayan tentang keadaan perikanan tangkap yang ada di lingkungan pengelolaan UPT PPP Pondokdadap, beserta mengenalkan fasilitas dan sarana-prasarana Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap untuk menunjang kegiatan perikanan tangkap.

Acara kunjungan ini diarahkan oleh Bapak Sugeng Suprianto, S.Pi selaku Kepala Seksi Pelayanan Teknis Pelabuhan UPT PPP Pondokdadap. Dalam acara ini, rombongan diajak untuk melihat – lihat suasana dermaga UPT PPP Pondokdadap yang langsung berhadapan dengan Cagar Alam Pulau Sempu. Sayangnya, pada waktu itu rombongan belum sempat untuk melihat aktivitas bongkar muat secara langsung karena waktu yang sudah hampir siang. Rombongan pun kemudian diarahkan menuju gedung TPI dimana rombongan duduk untuk melakukan diskusi secara langsung di lapang.

Dalam diskusi ini, peserta diberi wawasan mengenai kondisi terkini terkait penangkapan ikan di Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, hingga menuju alur distribusinya. Karena, menurut nelayan, banyak ikan yang berasal dari Sendang Biru yang kemudian dijual dan beredar di Bali. Setelah diskusi selesai, rombongan kemudian diarahan untuk berkeliling melihat – lihat fasilitas lain yang ada di kawasan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap seperti Integrated Cold Storage (ICS) dan Kios Ikan Nelayan (KIN).

Kunjungan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pelatihan Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan dengan Jaring Millenium Bagi Nelayan Kota Denpasar yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei hingga 1 April. Sebelumnya, rombongan terlebih dahulu melaksanakan pelatihan tepatnya di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi di Bangsring sebelum kemudian bertolak menuju Pelabuhan Perikanan Pondokdadap di Sendang Biru untuk melaksanakan Studi banding. (UPT PPP Pondokdadap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here