Sosialisasi Aplikasi (Lek Juki) 2019

Apa itu Lek Juki ? yaitu singkatan dari Layanan Elektronik Jemput Uji Kirim, artinya adalah layanan yang disediakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pengujian Mutu dan Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan (UPT PMP2KP) Surabaya. Aplikasi online berbasis web, ini disediakan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan permohonan pengujian produk hasil olahan ke UPT PMP2KP Surabaya. Aplikasi Lek Juki merupakan bentuk pelayanan publik menggunakan sistem online untuk pengurusan, pemantauan, dan pelaporan pengujian yang terintegrasi dan dapat dipantau secara online. Aplikasi “Lek Juki” dikembangkan sejak tahun 2017 dengan jenis pelayanan pengujian yang contohnya dijemput ditempat.

Jemput sampel tidak dikenakan biaya (gratis) dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Jarak tempuh < 40 km, biaya uji sebesar Rp 500.000
  • Jarak tempuh 41 – 80 km, biaya uji sebesar Rp 1.000.000
  • Jarak tempuh > 80 km, biaya uji sebesar Rp 1.500.000

Melayani dengan cepat, tepat dan akurat adalah tujuan Laboratorium Penguji UPT.PMP2KP Surabaya yang telah terakreditasi dengan Nomor LP-088-IDN. Inovasi pelayanan pengujian terus dikembangkan untuk kepuasan pelanggan. Adapun permohonan pengujian dapat mengakses di alamat website : pmp2kp-lejuki.dkp.jatimprov.go.id dengan cara registrasi terlebih dahulu di Kantor UPT PMP2KP Surabaya.

Kegiatan sosialisasi aplikasi Lek Juki dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019, dengan peserta yang hadir berasal dari Instansi Pemerintah (Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perikanan Kabupaten), Perguruan Tinggi dan Unit Pengolah Ikan di Jawa Timur.

Peserta yang merupakan pelanggan baru, diinformasikan cara pendaftaran untuk mendapatkan account nomor dan diberi intruksi cara mengoperasionalkan aplikasi. Pelanggan lama, bagi penyedia layanan diharapkan dapat memberikan feedback berupa saran dan masukan, diantaranya adalah :

Manfaat adanya aplikasi Lekjuki adalah kemudahan bagi pelanggan dalam memantau sampel yang dikirim, diuji hingga tercetaknya Laporan Hasil Analisa (LHA) serta kemudahan bagi penyedia jasa karena dapat mengurangi penggunaan kertas (paperless), transparant dalam pembayaran dan hasil uji yang dapat dipercaya. (UPT PMP2KP Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here