Pertemuan Dalam Rangka Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah Perairan

Pemandian Alam Banyu Biru adalah sebuah kolam pemandian dan mata air alami yang terdapat di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Di pemandian dan sumber mata air ini, dulunya merupakan salah satu jejak sejarah kerajaaan Majapahit yang berada Jawa Timur. Di kolam pemandian tersebut terdapat ikan yang dikeramatkan oleh masyarakat, yaitu ikan Dewa/Sengkaring. Ikan jenis tersebut banyak ditemukan pada perairan umum, sumber mata air dan sungai. Tetapi karena kurangnya pengawasan dan pelestarian masyarakat tentang keberadaan ikan lokal dan penangkapan dengan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, sehingga berakibat hilangnya / punahnya ikan Sengkaring tersebut.

Dari masalah tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan mengadakan Pertemuan dalam rangka Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah Perairan, pada hari/tanggal : Jum’at, 3 Mei 2019, bertempat di Wisata Pemandian Banyu Biru Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Pertemuan dalam rangka Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan pada masyarakat tentang perlunya melestarikan dan menjaga Plasma Nutfah Perairan atau Ikan Endemik Lokal yang ada di perairan. Peserta yang hadir dalam Pertemuan ini berjumlah 15 dari masyarakat Kota/Kabupaten Pasuruan.

Sosialisasi Pelestarian Plasma Nutfah Perairan di Banyu Biru

Dalam pertemuan ini, selaku narasumber Bpk. YULIANTO D. PAMUNGKAS, S.Pi, MAP selaku Kasie. Kesehatan Ikan dan Lingkungan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan dan Bpk. Sulfamianto, S.Pi selaku Kepala Seksi Pengendalian Kesehatan Ikan dan Lingkungan UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan.

Diharapkan dalam pertemuan ini bisa menanamkan kesadaraan dan kepedulian masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikaan keanekaragaman ikan endemik lokal. Terutama ikan Sengkaring (Tor tombroides) yang memiliki nilai sejarah. (UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here