Thunnus Albacares; Icon Pelabuhan Bius Pengunjung

0
34

Thunnus Albacares atau Yellofin Tuna 50+ menjadi daya tarik pengunjung pada gelaran Expo di alun-alun kota Pacitan 16-20 Agustus 2019.

Sejak hari pertama pengunjung dibius dengan kehadiran Tuna Besar sehingga Stan PPP Tamperan tidak pernah sepi, bahkan beberapa pengunjung rela antri untuk foto bersama Tuna atau untuk meyakinkan bahwa Tuna tersebut asli. “Awalnya kita hanya melihat dari jauh, tidak percaya kalo itu ikan beneran, ikan segar, kami kira terbuat dari sterofom,” tutur Sabila salah satu pengunjung yang kali kedua dalam kunjunganya mengajak keluarga besarnya.

Tujuan menyuguhkan primodona laut Selatan Jawa tersebut bukan untuk meramaikan stan atau pameran saja, Ninik Setyorini Kepala UPT PPP Tamperan mengatakan masyarakat harus tahu bahwa kita memiliki maskot lokal yang bernilai tinggi. “Tuna masih menjadi dominan tangkapan nelayan, mulai tuna kecil hingga Tuna besar seperti di stan itu,Pacitan memiliki sumber daya bahari yang luar biasa,” tuturnya.

Tuna masih menduduki kurva tertinggi untuk total tangkapan nelayan. Selain dapat melihat Tuna besar pengunjung juga dapat membeli produk UPT Tamperan seperti Tuna Potong Asap, Cakalang segar, Cumi Asap serta olahan Trasak dan Lempuk Crispy.

Kampanye yang disampaikan Ninik pertama adalah menjaga laut dan ekosistemnya sebagai warisan berharga untuk generasi muda serta menjaga kedaulatan perairan Republik Indonesia. Selaras dengan bertepantannya HUT RI ke 74, kemudian yang kedua Gemar Makan Ikan karena di Pacitan sangat mudah mendapatkan ikan segar dengan kualitas baik. (UPT PPP Tamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here