239 Tumpeng, Sedekah Laut Nelayan Tamperan

0
106

HNSI bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan menggelar Sedekah Laut dan Festival Nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan 31 Agustus – 1 September 2019 dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti Mancing Mania disepanjang jetty dan Breakwater, Festival Layang-layang di Pantai Teleng Ria, Festival Njolo di hilir sungai Grindulu Pantai Pancer Door, Pagelaran Wayang Kulit, Bazar Kuliner dan bakar Ribuan Ikan Gratis.

Masyarakat berdatangan di Pelabuhan Perikanan Tamperan, memanjatkan doa dan solawat bersama yang diimami langsung oleh pimpinan Pondok Tremas Pacitan Kyai Lukman Dimyati. Setelah itu menimkati 239 tumpeng kemudian bersama-sama menggiring Tumpeng utama sebagai sedekah laut. Ribuan masyarakat mengantar tumpeng hingga tengah teluk Pacitan menggunakan kapal Slerek, Skoci, Jukung juga Daplangan.

“Tujuan kita bersyukur atas limpahan sumber daya laut yang menghidupi seluruh masyarakat Pacitan. Menenggelamkan Tumpeng ini hanya simbolis untuk makanan ikan setelah sebelumnya kita adakan doa dan solawatan bersama,” jelas Damhudi Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Pacitan.

Diatas Kapal Pengawasan Todak 02 milik Dinas perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur hadir Bapak dan Ibu Komandan Kodim 0801, Wakapolres Pacitan, Kepala UPT PPP Tamperan, Kamladu, Ketua HNSI, serta Pengguana Layanan pelabuhan lainnya.

“Sebagai kampanye untuk menjaga ekosistem laut dan terus bersyukur karena limpahan sumber daya kelautan di Pacitan yang tidak ada habisnya,” tandas Ninik Setyorini Kepala UPT PPP Tamperan. (UPT PPP Tamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here