Penebarliaran Tukik Dalam World Celan Up Day

0
29

Pantai Taman Pacitan menjadi salah satu object Peringatan World Clean Up Day pada 21 September 2019 lalu. Bersih-bersih sepanjang pantai bersama Pemerintah Daerah Pacitan, Kecamatan Ngadirojo serta diikuti seluruh anak sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas. UPT PPP Tamperan turut aktif berpasrtisipasi. Acara yang dikomandoi PT. PJB UBJ O&M PLTU Pacitan diakhiri dengan agenda serasehan dipendapa Pantai Taman.

Pantai Taman merupakan satu-satunya lokasi konservasi Penyu di Pacitan sehingga dalam rangkaian World Clean Up Day tersebut sekaligus penebarliaran Tukik. Agenda yang dihadiri Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo itu dinilai sangat sukses. Harapan Wabub dalam sambutannya adalah menjaga kebersihan tidak harus menunggu hari bersih dunia, tetapi setiap saat. Juga bukan hanya ditepian pantai sebagai tempat wisata saja melainkan disekeliling dan lingkungan.

Ninik Setyorini menguraikan penjelasan tentang keunikan pantai taman, pertama sebagai tempat wisata, kedua sebagai tempat konservasi Penyu dan ketiga sebagai pusat budidaya tambak. “disini peran masyarakat setempat sagat kita butuhkan, agar ketiga-tiganya dapat sinergi,” tutur Ninik.

Tiga hal tersebut adalah asset, namun jika salah dalam penanganan akan berdampak tidak baik, seperti pembuangan limbah tambak ke laut, akan merusak kecantikan pantai sebagai tempat wisata. Atau penyu menyukai tempat yang tenang yang harus bersinergi dengan pantai dengan wisatawan yang ramai. (UPT PPP Tamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here