Tren Fintech Di Era Perkembangan Ekonomi Digital

0
98
Kegiatan Temu Bisnis di Kabupaten Malang

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Temu Bisnis dan Forum Investasi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan pada bulan September ini. Peserta yang hadir sejumlah 150 orang yang terdiri atas poklahsar/ UMKM, nelayan, pembudidaya dan penyuluh dari masing-masing daerah. Kegiatan ini bertemakan “Memanfaatkan Teknologi untuk UMKM Kelautan dan Perikanan yang Kreatif, Inovatif dan Berdaya saing”. Tujuan Kegiatan ini agar informasi fintech dapat dimanfaatkan oleh UMKM.

Fintech (Financial Technology) merupakan inovasi di bidang jasa keuangan yang berbasis teknologi. Fintech memberikan pengaruh kepada masyarakat secara luas dengan memberikan akses terhadap produk keuangan sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan efektif. Perkembangan ini mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat seperti one single tap melalui smartphone yang dapat menyelesaikan permasalahan keuangan tanpa harus bertemu langsung.

Kegiatan Temu Bisnis di Kabupaten Pasuruan

“Tumbuh bersama Komunitas” merupakan jargon dari Komunal yang diserukan oleh Rico Tedyono (Direktur Operasional) yang menjadi narasumber kegiatan ini. “Jika waktu 10 tahun lalu untuk menjadi pendana (investor) dibutuhkan dengan uang tunai dengan jumlah besar saat ini dengan uang Rp. 500.000 dapat didanakan untuk UMKM” tambah Rico. Komunal merupakan fintech dengan jenis P2P Lending (Peer to peer Lending) yang terdaftar dalam OJK dan AFPI. Platform satu ini mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang bersedia memberikan dana untuk investasi yang dapat dilakukan dengan proses online melalui website terintegrasi. Disamping itu, jenis pendaan fintech yang lain adalah crowdfunding. GROWPAL merupakan platform perikanan yang mempertemukan pembudidaya ikan, pengusaha perikanan potensial yang memiliki kemampuan dalam budidaya atau trading tetapi tidak memiliki modal yang cukup untuk menjalankan usaha sehingga dapat mewujudkan suatu sinergisitas. Selain itu narasumber lain yang hadir pada kegiatan tersebut antara lain Jagoan Indonesia, JNE dan FKP3 (Forum Komunikasi Pemerhati Perikanan Pasuruan). (BIdang P3KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here