Penebaran Benih Ikan Lokal Di Waduk Selorejo Kab. Malang

0
129

Jambore Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur ke-17 tahun 2019 yang digelar di Taman Wisata Selorejo Kabupaten Malang ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas kinerja Satpol PP. Satpol PP dinilai memiliki peran penting di tengah masyarakat. Tugasnya sebagai pengayom masyarakat membuat Satpol PP harus bekerja secara humanis dan minim kekerasan saat di lapangan. Dalam acara ini terdapat beberapa agenda kegiatan seperti penanaman bibit pohon, bantuan kepada anak-anak yatim, penyerahan bantuan sembako, serta acara penebaran benih ikan lokal.

Penebaran benih ikan lokal Jawa timur dilakukan di Waduk Selorejo Kabupaten Malang. Luas dari Bendungan ini 650 Hektar dengan perpaduan pemandangan yang memanjakan mata, view dari bendungan ini adalah Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro dan Gunung Kawi. Di Bendungan inilah beberapa jenis ikan lokal Jawa Timur di tebar. Jenis-jenis ikan yang ditebar adalah ikan wader sebanyak 25.000 ekor dan muaraganting sebanyak 25.000 ekor. Benih ikan lokal tersebut berasal dari UPT Kesehatan Ikan dan Lingkungan Umbulan dan Instalasi Perikanan Budidaya Mojokerto.

Bapak Arief Mulya Eddie selaku Direktur Satpol PP Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Bapal Ir. Moh. Gunawan Saleh, MM. melakukan penebaran benih di tengah waduk menggunakan perahu yang telah disediakan oleh panitia acara. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat sekitar untuk terus menjaga keberlangsungan hidup ikan lokal asli yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur, kemudian dengan adanya ikan lokal seperti wader, muaraganting dan lain-lainya dapat menjadi indikator bersihnya perairan tersebut. (Bidang Perikanan Budidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here