PENGHARGAAN SAKIP DAN KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2019 DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TIMUR

0
147

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur berhasil mendapatkan 2 (dua) penghargaan pada kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dan Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah Tahun 2019, yang diselenggarakan di Hotel Bumi Surabaya pada tanggal 03 Desember 2019.

          Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., didampingi oleh Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Bapak Didid Noordiatmoko, Ak., M.M., serta Plt Asisten Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun penghargaan yang diraih Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi yaitu Peringkat 1 Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dengan Kategori AA (Sangat Memuaskan) dan Top 25 Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 kategori Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan Hidup, dengan judul inovasi BAIK LO JATIM.

Penyerahan penghargaan oleh Gubernur Jawa Timur

Perolehan penghargaan Peringkat 1 Evaluasi Kinerja ini juga mempertahankan perolehan penghargaan akuntabilitas kinerja yang diraih Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur tahun lalu. Adapun perkembangan capaian penghargaan SAKIP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur beberapa tahun terakhir adalah sebagai berikut:

  • Tahun 2014 = B
    • Tahun 2015 = A peringkat 13
    • Tahun 2016 = A peringkat 3
    • Tahun 2017 = A peringkat 2
    • Tahun 2018 = A peringkat 1
    • Tahun 2019 = AA peringkat 1

          Penentu keberhasilan implementasi SAKIP di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur diantaranya adalah komitmen Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur selaku pimpinan tertinggi Perangkat Daerah serta memperkuat komitmen para Pimpinan Unit Kerja lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

          Gubernur Jawa Timur, Khofifah lndar Parawansa mengatakan, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) harus terus mempertahankan pelayanan terbaik bukan hanya pada saat mengikuti lomba saja. Gubernur Jawa Timur juga memaparkan beberapa program prioritas nasional. Antara lain pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi. Ke depan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berharap seluruh organisasi perangkat daerah mendapat predikat sangat memuaskan untuk implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, begitulah pesan yg disampaikan oleh Pit Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Timur ketika mengawali acara Penyerahan Penghargaan Kompetisi lnovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) dan Evaluasi SAKIP OPD tahun 2019.

          Tujuan dari implementasi SAKIP adalah untuk meningkatkan kinerja birokrasi pemerintahan dan sistem manajemen yang merupakan agenda penting dalam reformasi birokasi yang sedang dijalankan oleh Pemerintah saat ini. Sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome). Selain itu dengan SAKIP, suatu instansi pemerintahan dapat menjadi instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat dan lingkungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here