Kunjungan Tim Gabungan ITS-Pertamina untuk Peninjauan Persiapan Konstruksi KJA Offshore di PPP Pondokdadap

0
315

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari tim gabungan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Pertamina pada Hari Selasa (04/02) silam. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meninjau dan mengevaluasi persiapan pekerjaan konstruksi Karamba Jaring Apung (KJA) Offshore yang rencananya akan dikerjakan di kawasan UPT PPP Pondokdadap dalam waktu dekat.

Setelah melewati persiapan dan perencanaan yang cukup panjang, tim ITS kembali mengunjungi UPT PPP Pondokdadap untuk berdiskusi secara langsung, dan memperlihatkan kondisi riil lapang kepada perwakilan PT Pertamina. Kepala UPT PPP Pondokdadap, Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi. MT. turut mendampingi kegiatan ini untuk memaparkan potensi – potensi kelautan dan perikanan yang ada di Pesisir Selatan Malang.

Pada kunjungan ini, tim gabungan ITS dan Pertamina pertama – tama melakukan diskusi di ruang rapat gedung pelayanan lantai 2 UPT PPP Pondokdadap untuk mendiskusikan progress dan rencana kedepan yang akan ditempuh untuk merealisasikan struktur KJA offshore ini. Kemudian, tim gabungan diajak untuk berkeliling Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap, terutama pada kawasan yang direncanakan menjadi tempat perangkaian KJA offshore.

Tim gabungan beserta petugas dari UPT PPP Pondokdadap melanjutkan penijauan lapang menuju Desa Sidoasri. Pada kunjungan ini, tim gabungan menyempatkan diri untuk berkoordinasi dengan Kepala Desa, Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) dan perwakilan masyarakat Desa Sidoasri untuk mengetahui kesiapan masyarakat menjelang dirangkai dan ditempatkannya KJA offshore di wilayah mereka. Tim gabungan juga sempat mengunjungi Pantai Perawan untuk mengetahui kondisi lapang di Desa Sidoasri.

KJA offshore yang akan dibangun ini sepenuhnya merupakan hasil inovasi dari tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) yang dapat menjadi sebuah terobosan baru bagi pengelolaan ruang pesisir dan laut berbasis masyarakat. Konsep KJA offshore ini menggabungkan antara pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan dari hasil budidaya laut, serta jasa – jasa lingkungan seperti wisata bahari yang diharapkan dapat meningkatkan kegiatan perekonomian di desa – desa pesisir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here