Awal Maret Kabar Baik Untuk Nelayan Tamperan

Akhir Februari menjadi awal musim hujan, selain waspada karena banyaknya penyakit dan bencana banjir serta longsor tentu saja ini merupakan kabar gembira untuk para petani. Musim labuh telah tiba dan masanya merka menikmati. Begitu juga di Pelabuhan Tamperan, beberapa bulan kolam labuh yang Nampak sepi tanpa kapal sandar serta bongkar kini satu persatu mulai menepi. Tercatat pada satu minggu di akhir Februari dan awal Maret ini sudah terdapat 4 kapal pursine serta 8 kapal Handline yang malakukan bongkaran.

Meski hasil tangkapan belum sesuai target namun sudah dapat dikatakan naik drastis dibanding bulan lalu. “Alhamdulillah untuk handline makmur sudah dapat 2500 dan ini awal musim ikan yang baik kaena sudah melampaui target,” tutur Mur salah satu ABK kapal. Hal serupa juga terjadi pada kapal Pursesine Setia Jaya, Ifa Makmur serta Baruna Jaya. Rata-rata perolehan mencapai target dengan dominasi ikan cakalang dan layang.

Serentak para nelayan menurunkan jarring dan akan berangkat berlayar. Kabar baik datang dari laut dan inilah dalam beberapa bulan yang ditunggu-tunggu. Bukan hanya kapal diats 10GT, kapal kecil juga mulai menampakkan diri pada pagi menjelang siang dengan kerumunan pedagang dan pembeli yang memenuhi pasar TPI Tamperan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here