Pelatihan Kedaruratan Bencana Water Rescue BPBD Pacitan Di Kolam Pelabuhan

Pacitan adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang masuk zona merah rawan bencana. Inilah salah satu dasar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mengelar pelatihan Kedaruratan Bencana pada 29 Februai – 1 Maret 2020. Selain itu dasar pelatihan adalah penyataan Presiden Joko Widodo bahwa Bencana Adalah Urusan Bersama. Maka dari itu kali ini BPBD melibatkan seluruh Dinas dan OPD untuk menjadi peserta pelatihan Kedaruratan Bencana.

Empat personil pegawai UPT PPP Tamperan dikirim sebagai peserta 1 orang masuk dalam kelas Kesehatanatau Healt Rescue, 2 orang dikelas Water Rescue dan 1 orang lagi dikelas Vertical Rescue. Untuk water recue bekerjasama langsung dengan UPT PPP Tamperan, yakni penggunaan kolam labuh sebagai salah satu lokasi pelatihan untuk menguji . Juga menggunakan kapal Jukung sebagai salah satu fasilitas latihan. Bersama anggota Pos Kamladu Tamperan dan TNI AL lebih dari 30 peserta menguji coba tehnik berenang yang disampaikan di kolam renang Jaten pada hari pertama.

Peserta kelas Water Rescue memang diwajibkan dapat berenang dan mengusai medan air. Begitu juga untuk kelas Vertical Rescue, berbagai materi tebing dan penolongan pada ketinggian dipraktekkan peserta satu persatu di Wisma Atlit Kabupaten Pacitan.

Tim dokter juga didatangkan langsung untuk membina kelas Healt Rescue. Bupati Pacitan dalam penutupan pelatihan mengharapkan agar nantinya para peserta harus mempunyai wadah untuk mengasah kemampuan seperti pada materi yang telah diterima selama 2 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here