DI TENGAH PANDEMI COVID 19 HASIL TANGKAPAN NELAYAN MUNCAR JUSTRU MENINGKAT

Akibat Covid 19 ini semua tatanan ekonomi bagi negara-negara yang terdampak menjadi lumpuh dan banyak dari masyarakat menengah ke bawah yang terkena dampaknya. Mulai dari pertokoan yang tutup, karyawan banyak yang terkena PHK dan perusahaan memberhentikan sementara operasional mereka.

Namun kondisi tersebut tidak berdampak bagi nelayan Muncar. Hasil tangkapan mereka relatif stabil dan cenderung meningkat dibandingkan tahun lalu. Hasil tangkapan bulan Maret sampai pertengahan April tahun ini saja justru mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan Maret dan April tahun lalu. Berdasarkan data statistik UPT. Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar bahwa pada bulan Maret dan April 2019 tercatat total produksi masing-masing sebesar 524.695 Kg dan 999.749 Kg. Sedangkan bulan maret dan pertengahan april 2020 saja sudah tercatat sebesar 1.047.375 Kg dan 1.192.740 Kg dengan hasil tangkapan dominan ikan lemuru dan tongkol.

Tentu kondisi seperti ini ibarat oase di padang pasir dimana cuaca awal tahun 2020 seperti berpihak pada nelayan Muncar. Namun demikian ada beberapa jenis ikan yang mengalami penurunan harga sampai dengan 40-50 % yaitu ikan lemuru dan tongkol, dimana harga rata-rata ikan lemuru dan tongkol sebelum Covid 19 berkisar Rp. 11.000 – Rp. 12.000 per kg dan Rp. 11.000 – 13.000 per kg menurun menjadi Rp. 6.000 –Rp. 6.500 per kg dan Rp. 6.500 – Rp. 8.000 per kg. Penurunan harga ikan tersebut dikarenakan terjadi kelebihan stok ikan dibanding dengan permintaan pasar. Kita tahu bahwa sebagian besar hasil tangkapan nelayan muncar khususnya ikan lemuru dijual ke perusahaan sarden (kaleng) dengan tujuan pemasaran ekspor ke luar negeri dan sebagian lagi dikonsumsi untuk masyarakat lokal melalui cold storage (gudang beku) di wilayah muncar dan banyuwangi. Dengan adanya Covid 19 ini tentunya semua negara akan sangat berhati-hati untuk membuka aktivitas ekspor impor terutama pada bahan pangan. Secara umum juga daya beli masyarakat juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir di Indonesia dan seluruh dunia sehingga roda ekonomi masyarakat bisa berjalan normal kembali. (UPT. PPP Muncar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here