Kunjungan Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Timur Menuju UPT PPP Pondokdadap

0
200

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Prikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Dr. Ir. Daniel Rohi M.Eng, M.Sc., IPM dari Fraksi PDI-P beserta tim. Kunjungan menuju UPT PPP Pondokdadap ini merupakan rangkaian dari kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat – Reses I Tahun 2020 Dapil Jatim VI yang dilaksanakan untuk mengetahui aspirasi masyarakat pesisir di Kabupaten Malang yang dalam hal ini diwakili oleh seluruh elemen masyarakat dan perangkat daerah disekitar Dusun Sendang Biru.

Dalam kunjungannya, beliau berkoordinasi dengan Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. selaku Kepala UPT PPP Pondokdadap beserta tim mengenai pengelolaan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Hal yang ditekankan adalah pengelolaan asset yang optimal di kawasan pelabuhan perikanan sangat diperlukan dengan mempertimbangkan sisi kemanfaatan dan sisi timbal balik ekonomi berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dapat digunakan untuk menunjang pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap sebagai salah satu sentra kegiatan perekonomian di Pantai Selatan Malang. Selain itu, beliau juga sangat mengapresiasi upaya UPT PPP Pondokdadap untuk mengakomodasi dan menggabungkan kegiatan pelabuhan perikanan dengan kegiatan wisata untuk tetap menghidupkan roda perekonomian lokal. Bapak Muh. Ichsan Budianto, S.Pi., MT. juga menyampaikan bahwa pengembangan kegiatan wisata di kawasan pelabuhan dapat menjadi alternatif kegiatan yang memberikan pemasukan bagi para nelayan ketika tidak sedang musim ikan. Pernyataan ini pun ditanggapi positif oleh Bapak Daniel Rohi dengan memberikan pertimbangan untuk melengkapi dan memanfatkan secara optimal sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan tersebut untuk dapat memutar roda perekonomian disekitar Dusun Sendang Biru.

Dalam kunjungan ini juga tak lupa Bapak Daniel Rohi beserta tim meninjau kawasan UPT PPP Pondokdadap dan berdialog secara langsung dengan masyarakat dan pengguna jasa. Beberapa kawasan yang beliau kunjungi diantaranya adalah Kios Ikan Nelayan, dimana beliau berdialog dengan para pedagang ikan tentang kondisi perdagangan ikan di kawasan Dusun Sendang Biru. Selanjutnya beliau mengunjungi kawasan docking untuk mengetahui kondisi kawasan pembuatan kapal di UPT PPP Pondokdadap dan kelengkapannya. Dermaga pelabuhan juga menjadi kawasan yang tidak luput dari kunjungan sekaligus juga menyempatkan untuk melihat kawasan assembling Karamba Jaring Apung Ocean Farm ITS yang berada di kawasan dermaga timur PPP Pondokdadap. (UPT. PPP Pondokdadap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here