Kunjungan Polres Malang untuk Membentuk Pos Pemantauan Covid-19 di Kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap

0
153

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT PPP) Pondokdadap menerima kunjungan dari Polres Malang guna mendiskusikan mengenai pembentukan Pos Pemantauan Covid-19 di Dusun Sendang Biru. Dipilihnya kawasan UPT PPP Pondokdadap merupakan hasil pertimbangan Polres Malang yang melihat PPP Pondokdadap sebagai pusat kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat Dusun Sendang Biru dan sekitarnya. Selain itu, kawasan PPP Pondokdadap juga menjadi tujuan kunjungan nelayan dan pengguna jasa yang berasal dari luar daerah, sehingga pengawasan pada kawasan ini perlu dioptimalkan guna menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang.

Dalam kunjungan ini, Polres Malang diwakili oleh Kasat Reskrim dan Kasat Resnarkoba dan didampingi oleh Kasat Polair Sendang Biru dan Petugas Pos TNI AL Sendang Biru. Kunjungan ini diawali dengan diskusi antara Petugas Polres Malang dengan Petugas UPT PPP Pondokdadap di dalam Gedung Administrasi UPT PPP Pondokdadap. Dalam diskusi ini, Polres Malang menekankan pentingnya pemantauan/screening terhadap masyarakat yang berasal dari luar Sendang Biru dan hendak masuk ke dalam kawasan Dusun untuk diperiksa kondisi kesehatannya. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan penyebaran Covid-19 di dalam kawasan Kabupaten Malang.

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kondisi lapang untuk mengetahui titik terbaik untuk menempatkan pos pemantauan covid-19 di kawasan Pelabuhan Perikanan Pondokdadap. Dalam kunjungan lapang ini, pihak Polres Malang berdiskusi dengan Kepala UPT PPP Pondokdadap untuk mengetahui alur keluar masuk dan alur kegiatan perikanan di kawasan PPP Pondokdadap. Setelah melalui proses peninjauan lapang, ditentukan kawasan dermaga perikanan sebagai titik kawasan yang nantinya akan ditempati untuk menjadi pos pemantauan Covid-19. Kawasan ini dipilih karena menjadi pusat keramaian sekaligus tempat datangnya para nelayan sehingga nantinya pemeriksaan akan dilaksanakan di kawasan ini.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah melalui kerjasama instansi – instansi terkait untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di kawasan Kabupaten Malang. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar senantiasa menjaga dirinya masing – masing, mulai dari mengurangi aktivitas diluar rumah dan menjaga kesehatan diri dan lingkungan untuk tetap menjauhkan kawasan Dusun Sendang Biru dari penyebaran Covid-19. (UPT. PPP Pondokdadap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here