NELAYAN JAWA TIMUR BERSATU, MELAWAN COVID-19

Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melakukan Kegiatan Pembinaan Sanitasi Hygiene Kampung Nelayan di 22 Kabupaten/Kota Pesisir Jawa Timur yang dilakukan pada Mei-Juni 2020. Kegiatan Pembinaan ini merupakan Salah satu Program Prioritas Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur dalam Rangka Pencegahan Covid-19 di Provinsi Jawa Timur. Mengingat kasus covid-19 di Provinsi Jawa Timur mengalami kenaikan yang signifikan dari hari ke hari, tercatat data pasien covid-19 per 8 Mei 2020 mencapai 5.948 pasien dengan total sembuh 1.409 dan pasien meninggal 483 pasien. Oleh karena itu, sangat penting bagi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan Pembinaan Sanitasi dan Higiene di Kampung Nelayan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada Nelayan di 22 Kabupaten/ Kota Provinsi Jawa Timur akan pentingnya melakukan pencegahan covid-19 dengan hidup sehat dan menerapkan protokal kesehatan dalam melawan covid-19. Harapannya dengan adanya Kegiatan Pembinaan tersebut dapat meningkatkan kesadaran nelayan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, serta edukasi bagi nelayan akan arti penting menjaga kesehatan ditengah pandemik covid-19.

Kegiatan ini di setiap daerah Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur sebagian besar dihadiri oleh Bupati dan perangkat daerah setempat, Kepala Bidang Perikanan Tangkap beserta staff Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Perikanan atau yang mewakili di masing-masing Kabupaten/Kota, Forkopimda dan Nelayan setempat. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dalam Kegiatan Pembinaan Sanitasi dan Higiene Kampung Nelayan memberikan fasilitas pencegahan covid-19 berupa masker, handsanitazer, handsoap, desinfektan, sprayer, dan portable wastafel kepada nelayan setempat. Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur ( Ir. Miftahol Arifin, MM) dalam setiap kesempatannya selalu menghimbau kepada nelayan setempat bahwa pemberian fasilitas bantuan dalam penangganan covid-19 merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada nelayan untuk selalu hidup sehat sebagai upaya pencegahan covid-19 di pesisir Provinsi Jawa Timur.

Drs. H. Zaini (Kepala Dinas Perikanan Kab. Bangkalan) menyampaikan bahwa Kegiatan Pembinaan ini sangat bermanfaat bagi nelayan di Kabupaten Bangkalan maupun Kabupaten / Kota di Jawa Timur karena dapat memberikan edukasi kepada nelayan sekitar dalam upaya pencegahan dan pemutusan rantai covid-19. Dalam pembinaan ini peserta khususnya nelayan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembinaan ini salah satunya dengan menerapkan prosedur protokol pencegahan covid-19, dan memperhatikan edukasi dari tim EO/Pemateri dalam penggunaan sarana penunjang sanitasi higiene kampung nelayan.

Kepala Seksi Kenelayanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur berharap dengan adanya Kegiatan Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan ini dapat memberikan semangat kepada nelayan untuk tetap melaut dengan tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19 sesuai arahan dari Pemerintah dalam pencegahan covid-19, kunci keberhasilan dalam melawan covid-19 ialah “Disiplin diri dalam mematuhi peraturan yang berlaku sesuai dengan arahan pemerintah dalam upaya pencegahan covid-19”. Semoga dengan adanya fasilitasi bantuan dalam pencegahan covid-19 dalam memberikan manfaat kepada nelayan dan pandemi covid-19 segera berlalu, Jawa Timur bisa dalam melawan covid-19. (Bidang Tangkap)

Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Blitar, 5 Juni 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Lamongan, 5 Juni 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Pamekasan, 3 Juni 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Situbondo, 2 Juni 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Sampang, 2 Juni 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Lumajang, 2 Juni 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Sidoarjo, 27 Mei 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Bangkalan, 20 Mei 2020
Pembinaan Sanitasi Higiene Kampung Nelayan di Kota Surabaya, 19 Mei 2020
Pemanfaatan Sprayer Kampung Nelayan di Kota Surabaya, 19 Mei 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here