Pelestarian Benih Ikan Lokal Jawa Timur Di Perairan Umum Di Waduk Wisata Rowo Gelandang Desa Ganding Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro

Waduk yang merupakan perairan berbentuk bendungan, maka debit air yang muat di waduk pun biasanya sangat banyak. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari, baik dalam operasional maupun investasi.

Fungsi waduk selain sumber pengairan sawah, bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dengan ada nilai tambah dari bibit ikan yang ditebar.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Budidaya melakukan kegiatan pelestarian benih ikan dalam bentuk penebaran benih ikan di perairan umum yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2020 di Waduk Wisata Rowo Gelandang. Benih ikan yang ditebar sebanyak 100.000 ekor yang terdiri dari 50.000 ekor Wader pari dan 50.000 ekor Tawes. Benih ikan tersebut berasal dari UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan. Ikan Wader Pari dan tawes merupakan 2 dari 25 jenis ikan lokal yang ada di Jawa Timur yang bisa dibudidayakan.

Dalam acara penebaran benih ikan lokal tersebut, dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur, Dinas PMD Kab. Bojonegoro, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Forkopimcam, Kepala Desa Gading, dan masyarakat Desa Gading. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga ketersediaan ikan lokal ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Ir. Moh. Gunawan Saleh, MM. (Bidang Budidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here