Monitoring Penerapan Mutu Produk Kelautan dan Perikanan Di Tengah Pandemi Covid-19

0
108

Monitoring penerapan mutu produk kelautan dan perikanan merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi UPT PMP2KP Surabaya dalam mendukung terwujudnya keamanan dan kualitas produk perikanan. Objek monitoring penerapan mutu diantaranya adalah Unit Pengolahan Ikan skala kecil, suplier, pelabuhan perikanan, Tempat Pendaratan Ikan, Tempat Pelelangan Ikan, pasar tradisional serta pasar modern. Produk monitoring akan diuji sesuai standar mutu SNI pada masing-masing produk terkait. Hasil pengujian menggambarkan standar mutu keamanan pangan produk tersebut dan dapat dijadikan evaluasi bagi pihak terkait untuk melakukan pembinaan dan perbaikan yang dibutuhkan.

Selama pandemi COVID ini kunjungan langsung ke lokasi monitoring tidak bisa dilakukan, namun demikian kegiatan monitoring masih dilakukan untuk tetap memberikan dukungan bagi pelaku usaha perikanan. Produk monitoring dikirimkan melalui ekspedisi dengan tetap memperhatikan penyimpanan dan distribusi produk agar kondisi produk tidak berubah. Penanganan produk dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kontaminasi pada produk atau pada personal yang menangani produk tersebut. UPT PMP2KP Surabaya memberikan Hand Sanitizer produksi sendiri kepada pelaku usaha yang produknya disampling monitoring sebagai upaya penanggulangan COVID-19.

Memasuki kondisi new normal, monitoring ke lokasi mulai dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Petugas monitoring dibekali dengan hand sanitizer, menggunakan masker, kacamata/face shield dan baju ganti. Sebisa mungkin sering mencuci tangan apabila di lokasi monitoring tersedia fasilitas tersebut. Jumlah petugas monitoring disesuaikan dengan kapasitas kendaraan yaitu sesuai regulasi adalah berkapasitas setengah dari kapasitas normal. Protokol kesehatan untuk menjaga jarak (physical distancing) dilakukan di lapangan yaitu tidak berkerumun dan menjaga jarak minimal 1 Meter. Penanganan dan distribusi sampel monitoring dilakukan dengan baik untuk menjaga agar kondisi contoh tidak berubah. Monitoring langsung ke lokasi pada kondisi new normal ini berjalan cukup baik dan akan dievaluasi pelaksanaannya untuk meningkatkan pelayanan dan tetap memperhatikan kesehatan personal.(UPT. PMP2KP Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here