Penebaran Benih Ikan di Embung Pilangbango Kota Madiun

0
152

Kegiatan Penebaran Benih Ikan di Embung Pilangbango Kota Madiun diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kota Madiun pada tanggal 20 Oktober 2020 sebagai upaya untuk menjaga kelestarian ekosistem, meningkatkan produksi perikanan sehingga dapat menyediakan protein yang baik bagi masyarakat, mensejahterakan masyarakat sekitar serta meningkatkan peran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perairan Umum Daratan (PUD) di Kota Madiun. Acara ini dihadiri oleh Walikota Madiun, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, serta Pokmaswas Bok Malang Makmur.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur memberikan hibah benih ikan air tawar lokal sebanyak 75.000 ekor kepada Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, ditambah 55.000 ekor benih ikan lokal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun sehingga total ada 130.000 ekor benih ikan lokal yang ditebar di Embung Pilangbango Kota Madiun. Sesuai dengan program kerja Gubernur Jawa Timur Nawa Bhakti Setya, salah satunya adalah Jatim Berdaya, dalam kegiatan ini adalah sungai sebagai sumber kehidupan .

Sambutan Walikota Madiun dalam Acara Restocking di Embung Pilangbango Kota Madiun

“Terdapat 130.000 benih ikan yang akan ditebar di Embung Pilangbango, terdiri dari ikan gurami, ikan tombro, ikan tawes dan ikan wader. Hal ini dilakukan sebagai uji keberhasilan yang nantinya setelah 90 hari, hasil dari penebaran tersebut akan dipancing. Apabila perhari pakan ikan membutuhkan sebanyak 5 kwintal, berarti butuh 15 ton pakan selama 3 bulan. Pengelolaan berkelanjutan pada kawasan ini akan dilakukan oleh Pokmaswas Bok Malang Makmur. Di lokasi ini rencananya juga akan dibangun Hutan Buah Matoa yang nantinya akan dijadikan tempat kuliner seafood bagi masyarakat Kota Madiun. Diharapkan masyarakat juga turut serta mengawasi, peduli dan menjaga kelangsungan hidup ekosistem yang ada di PUD Kota Madiun.” ujar Bapak Walikota Madiun.

Sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dalam Acara Restocking di Embung Pilangbango Kota Madiun

“Saya berharap masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem dan kelestarian sumberdaya ikan yang ada di Perairan Umum Daratan (PUD) Kota Madiun. Kota Madiun termasuk salah satu kota dalam Program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur yaitu peningkatan konsumsi ikan dipedalaman, dikarenakan tingkat konsumsi ikan di Kota Madiun masih 15kg/kapita. Program tersebut bernama “Kolega” atau Kolam Lele Keluarga. Pihak Dinas siap membantu masyarakat dari berbagai lapisan, mulai dari kegiatan penebaran sampai dengan pengawasan.” jelas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar) .

Penerimaan Benih Ikan oleh Pemerintah Kota Madiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here