Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar Dukung Fasilitasi Kegiatan Roadshow Pelayanan Perizinan di PPN Prigi Kabupaten Trenggalek

0
429

Dalam rangka meningkatkan pelayanan perizinan kepada pelaku usaha di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan “Roadshow Pelayanan Perizinan di Daerah” yang bertempat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Kabupaten Trenggalek pada tanggal 9 – 11 November 2020. Acara ini yang merupakan kerjasama DPMPTSP Provinsi Jawa Timur dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan KSOP Probolinggo, dihadiri oleh PJS Bupati Trenggalek serta mengundang para Nelayan Kabupaten Trenggalek.

Acara Roadshow Perizinan ini dibuka oleh PJS Bupati Trenggalek, Drs. Beny Sampirwanto, M.Si dan akan diselenggarakan selama 3 hari. Masyarakat dimudahkan untuk mengurus Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Kapal Penangkapan Ikan (SIKPI) dan Surat Izin Penggunaan Genset untuk kapal dan tambak. Harapannya setelah memperoleh legalitas berupa surat izin dari Pemerintah, maka masyarakat khususnya pelaku usaha perikanan dapat menjalankan aktifitasnya dengan tenang.

Pembukaan Acara oleh PJS Bupati Trenggalek, Bapak Drs. Beny Sampirwanto, M.Si

“Surat izin bisa dicetak langsung ditempat saat itu juga asalkan persyaratan dari pemohon sudah terpenuhi. Acara Road Show Pelayanan Perizinan DPM PTSP Provinsi Jawa Timur ini terselenggara berkat kolaborasi lintas sektor Instansi Pemerintahan seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Probolinggo, Bakorwil Madiun, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Pemerintah Kabupaten Trenggalek, dan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi” jelas Kepala DPM PTSP Provinsi Jawa Timur, Ir. Aris Mukiyono, MT. MM.

Dari hari pertama hingga hari ke tiga masyarakat sangat antusias melakukan pendaftaran perizinan. Selain melayani pendaftaran surat izin dan pelayanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui OSS, dalam acara tersebut turut mengundang Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tulunggagung untuk melayani pembuatan baru ataupun permasalah tentang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Penggunaan NPWP tersebut sangat penting sebagai syarat untuk pembuatan NIB melalui OSS. Setelah memiliki NPWP dan NIB, masyarakat dapat langsung mendaftarkan surat izin usaha perikanannya ke petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar sebagai Verifikator. Syarat pengajuan surat izin usaha perikanan yaitu surat permohonan, fotokopi KTP dan NPWP, berkas OSS berupa NIB, foto, spesimen dan rencana usaha. Sedangkan syarat pengajuan surat izin penangkapan ikan yaitu surat permohonan, fotokopi SIUP, fotokopi KTP dan NPWP, berkas OSS berupa NIB dan gross akte. Berkas pengajuan tersebut selanjutnya diverifikasi oleh petugas Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar. Berkas yang sudah diverifikasi diserahkan ke petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk didata dan memberikan rekomendasi. Selanjutnya rekomendasi diserahkan ke petugas DPMPTSP Provinsi Jawa Timur untuk dapat menerbitkan surat izin dan dicetak saat itu juga.

“Semoga surat izin yang sudah diterima ini dapat bermanfaat serta usahanya semakin lancar dan sukses. Jangan khawatir bagi nelayan yang belum mendaftar, kami siap membantu dan melayani anda” tambah Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Blitar, Bapak Ir. Sutjipto Hariono, MT. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Blitar).

Dokumentasi Kegiatan Roadshow Pelayanan Perizinan di PPN Prigi Kab. Trenggalek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here