Kampanye Gemarikan Pulihkan Perekonomian Sektor Kelautan Dan Perikanan Dan Utamakan Pencegahan Stunting Jawa Timur

0
14

Pandemi Corona Virus Diesease 2019 (Covid-19) yang mulai terdeteksi di Indonesia pada awal Maret 2020 merebak di seluruh wilayah. Covid-19 sejatinya merupakan kasus kesehatan. Namun dampaknya bukan hanya pada aspek kesehatan, tetapi juga pada aspek ekonomi yang justru mempunyai pengaruh yang lebih luas terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan. Kebijakan pemerintah mengharuskan adanya pembatasan gerak masyarakat, baik pada keluar masuk wilayah kabupaten/provinsi, maupun di dalam daerah sendiri. Akibatnya aktivitas perekonomian menjadi terhambat, bahkan ada yang terhenti. Pengaruhnya, perekonomian Jawa Timur mengalami penurunan. Berhubung sudah berlangsung sejak dari awal tahun 2020, maka proses resesi tidak dapat dihindari. Krisis ekonomi harus segera diatasi agar tidak terpuruk lebih dalam lagi menjadi depresi ekonomi. Karena itu, pemulihan ekonomi harus segera dirancang dan mulai dilaksanakan. Sector kelautan dan perikanan merupakan penyumbang devisi negara dan salah satu sector perekonomian yang esensial di Provinsi Jawa Timur, oleh karena itu Dinas Kelautan dan Perikanan terus mengencarkan kegiatan pemulihan perekonomian pasca pandemic melalui berbagai kegiatan salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan Kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), kegiatan ini dibuat dengan sasaran masyarakat di Daerah Rawan Pangan dan stunting, penentuan sasaran daerah stunting ini bukan tanpa alas an, seperti yang pernah disampaikan oleh Kepala Bapenas pada Summit Meeting 2018 “Stunting Menimbulkan kerugian ekonomi negara sebesar 2-3 % dari PDB per tahun atau diperkirakan mencapai Rp 300 triliun per tahun serta menurut Laporan World Bank Investing in Early Brief, 2016 Stunting Berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, penurunan produktivitas, & dampak kedepannya menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan.

Kegiatan Kampanye Gemarikan memiliki sasaran yang jelas serta melibatkan banyak pemain (multi player) pihak seperti Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Tim Penggerak PKK Provinsi maupun Kabupaten, akademisi serta pelaku usaha yang dalam hal ini berperan sebagai penyedia sarana prasarana berupa produk segar maupun olahan yang diserahkan kepada masyarakat. Menurunnya hasil penjualan membuat produksi pelaku usaha banyak yang terdampak, sehingga melalui kegiatan Kampanye Gemarikan inilah pelaku usaha UKM sektor kelautan dan perikanan memperoleh orderan kembali.

Kegiatan Kampanye Gemarikan Pulihkan Perekonomian Sektor Kelautan Dan Perikanan Dan Utamakan Pencegahan Stunting Jawa Timur
Kegiatan Kampanye Gemarikan Pulihkan Perekonomian Sektor Kelautan Dan Perikanan Dan Utamakan Pencegahan Stunting Jawa Timur

Sejak dilaksanakan pada Tahun 2020 sampai pada Tahun 2022 kegiatan Kampanye Gemarikan dalam rangka pemulihan ekonomi banyak dirasakan manfaatnya bagi semua sektor baik kalangan masyarakat umum, pelaku usaha pengolah dan pemasar produk kelautan dan perikanan serta kelompok pembudidaya ikan karena dalam kegiatan ini turut diserahkan produk ikan segar hasil budidaya para pembudidaya lokal daerah pelaksanaan kegiatan. Telah dilaksanakan diseluruh Kab/Kota Jawa Timur/ 38 Kab/Kota Jawa Timur membuat masyarakat terus akrab dengan program kampanye gemarikan melalui Forum peningkatan Konsumsi Ikan yang diketuai oleh Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak masa jabatan mulai Tahun 2019 sampai saat ini.

Sejalan dengan tujuan pemulihan ekonomi kegiatan ini akan terus disinergikan dengan berbagai program pendekatan gemarikan yakni penguatan supply (pasokan) ikan melalui peningkatan produksi budidaya dan penangkapan yang didukung oleh penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan untuk menyediakan ikan dengan jumlah cukup, mutu baik dan harga terjangkau, Penguatan demand melalui kampanye mengenai kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan serta usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga, Penguatan kerja sama/sinergi program Gemarikan dengan mitra dari instansi pemerintah, institusi pendidikan, organisasi kemasyarakatan atau kelompok masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here