Koordinasi dan Pembinaan Kepada Nelayan terkait Perizinan Kapal Perikanan di Kab. Situbondo

0
44

Selasa, 07 Juni 2022 – Seksi Verifikasi Perizinan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Situbondo melakukan kunjungan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo terkait koordinasi dan pembinaan kepada nelayan perihal perizinan kapal perikanan. Kegiatan koordinasi dan ini dilakukan pada Bidang Pemberdayaan Nelayan dan disambut baik oleh Bapak Roi Hidayat, S.Pi., M.Si. selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan beserta staf. Kegiatan pembinaan ini secara umum bertujuan untuk memantau progres perizinan pada nelayan di area TPI Padean, sekaligus juga melakukan fasilitasi kepada neayan yang sudah mempunyai persyaratan untuk melakukan pendaftaran NIB, seperti Pas Kecil/Besar, KTP, KK, NPWP, dan HP yang mempunyai apliaksi WhatsApp.

Beberapa hal yang dibahas, diantaranya mengenai perizinan kapal kecil dan kapal besar. Perizinan untuk kapal kecil dan kapal besar keduanya harus mempunyai buku pas (baik besar maupun kecil) sebagai awal syarat untuk mengurus penerbitan NIB sebagai Nomor Induk Berusaha pemilik kapal. Fungsi kepemilikan NIB ini nantinya juga bisa untuk mengurus kelengkapan izin perikanan yang lebih lanjut, maupun untuk mengurus izin usaha dalam bidang lainnya.

Kegiatan koordinasi ini berlanjut dengan pembinaan pada para nelayan di TPI Padean di Kec Padean Kab Situbondo. Kegiatan pembinaan ini mengundang sekitar 35 nelayan baik yang mempunyai buku pas kecil maupun pas besar untuk diberi arahan, diskusi, dan fasilitasi perizinan.

Verifikasi Kelengkapan Berkas
Verifikasi Kelengkapan Berkas

Di dalam kegiatan pembinaan, khususnya pada sesi fasilitasi terdapat proses kolaborasi antara Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Situbondo dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab Situbondo yaitu dalam hal penerbitan NIB dan pengurusan persyaratan lain yang kurang.

Kegiatan pembinaan ini mendapat antusiasme nelayan yang cukup tinggi, tercatatat hadir 32 nelayan dari 35 undangan dengan tingkat keaktifan yang cukup bagus, seperti aktif bertanya, antusias membawa kelengkapan dokumen persyaratan, serta mau memperbaiki kekurangan persyaratan dilain waktu.

Kebanyakan nelayan yang hadir rata-rata sudah mempunyai buku pas kecil, KTP, dan KK, sehingga fasilitasi penerbitan NIB dapat dilakukan. Namun karena waktu terbatas, beberapa nelayan yang belum terbit NIB akan dibantu lebih lanjut oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kab Situbondo pada lain waktu, karena memang tugas perbantuan NIB ada di kabupaten, sedangkan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Situbondo membantu fasilitasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here