Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
Email
diskanla@jatimprov.go.id
News Photo

Menguak Misteri Bluefin Tuna PPP Pondokdadap bersama Dit. PSDI KKP

Direktorat Pengelolaan Sumberdaya Ikan DJPT Kementerian Kelautan dan Perikanan melaksanakan kunjungan kerja menuju UPT PPP Pondokdadap. Adapun kunjungan ini dimaksudkan untuk melaksanakan survey terkait pendaratan komoditas perikanan Tuna, Tongkol, dan Cakalang (TTC). Disamping itu, tim Dit. PSDI juga berfokus untuk melaksanakan pencatatan data mengenai keberadaan Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus maccoyii) yang didaratkan di pangkalan pendaratan tuna yang ada di Pesisir Selatan Jawa.

Kunjungan tim Dit. PSDI diterima oleh petugas statistik perikanan UPT PPP Pondokdadap. Dalam kunjungan ini, petugas statistik memberikan informasi yang diperlukan oleh Dit. PSDI, diantaranya adalah data produksi perikanan tangkap selama 5 tahun terakhir, serta data perikanan TTC selama 5 tahun terakhir. Selain itu, tim Dit. PSDI  menghimbau agar petugas pelabuhan melaksanakan dokumentasi pendaratan, baik foto dan video apabila terdapat pendaratan jenis Tuna Sirip Biru Selatan, dan mengirimkannya menuju Dit. PSDI.

Tuna Sirip Biru Selatan merupakan salah satu spesies komoditas perikanan yang berperan penting di dunia perikanan tangkap. Selain karena nilai ekonominya yang tinggi, status konservasinya berada dalam kondisi Terancam (Endangered) menurut IUCN. Selain itu, informasi mengenai sebaran dan biologinya juga paling terbatas diantara jenis tuna yang lain. Hal ini ditambah dengan statusnya yang diregulasi oleh dua organisasi manajemen perikanan regional (Regional fisheries management organisation), yakni Indian Ocean Tuna Commission (IOTC) dan Commission for the Conservation of Southern Bluefin Tuna (CCSBT). Indonesia merupakan anggota kedua RMFO tersebut, dan memiliki kewajiban untuk mematuhi kuota penangkapan dan penyajian data berkala untuk mendukung terwujudkan perikanan tuna yang berkelanjutan di kawasan Samudera Hindia, khususnya perairan Indonesia.


Berita ini telah diakses 671 kali

Share Berita