Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
Email
diskanla@jatimprov.go.id
News Photo

Pembinaan Mitigasi Bencana di Wilayah Pesisir Kabupaten Pamekasan

Kamis, 24 Agustus 2023 Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan Pembinaan terkait Mitigasi Bencana Di Wilayah Pesisir di Desa Polagan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada masyarakat pesisir terhadap potensi bencana di wilayahnya dan penanggulangan yangg dapat dilakukan sehingga meminimalisir dampak bencana. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan Kelompok Masyarakat (POKMASWAS) di Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan terkait Mitigasi Bencana Di Wilayah Pesisir disampaikan oleh narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan Drs. Abdul Fata, MS.i menjelaskan terkait mitigasi bencana wilayah pesisir di Kabupaten Pamekasan, narasumber dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo ibu Dewi Nur Setyorini, S.Pi., M.Ling menjelaskan terkait peran serta pokmaswas dalam upaya mitigasi bencana di wilayah pesisir, serta narasumber dari Universitas Brawijaya Ir. Sukandar, M.P. menjelaskan terkait mitigasi bencana wilayah pesisir dari sudut pandang akademisi dengan menghubungkan isu-isu yang ada pada saat ini.

Mitigasi serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Secara umum mitigasi bencana dapat dilakukan secara struktural dan non struktural. Pada saat ini kegiatan sosialisasi atau penyadartahuan atau pendampingan kepada masyarakat yang didalamnya terkandung materi kebencanaan merupakan salah satu upaya mitigasi bencana yang bersifat non struktural.


 


Berita ini telah diakses 433 kali

Share Berita

Komentar