Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
Email
diskanla@jatimprov.go.id
News Photo

Bazar Produk Kelautan dan Perikanan Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi UKM Pengolah Dan Pemasar Produk Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jatim menggelar bazar produk kelautan dan perikanan pada Kamis 07 September 2023, menyusul suksesnya pelaksanaan Kegiatan Bazar Produk Kelautan dan Perikanan sebelumnya. Kegiatan diikuti 40 UKM, Poklahsar, Unit Pengolahan Ikan dan UPT Dinas Kelautan dan Perikanan (Budidaya). Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pemulihan ekonomi serta peningkatan pendapatan pelaku usaha hasil perikanan dan sebagai upaya peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat.

Bazar ini merupakan upaya pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan hasil perikanan dan produk olahan ikan yang berkualitas dan harga relatif lebih murah dari pasaran.

Berkualitas karena ikan dan produk olahan ikan yang dijual harus memenuhi standar keamanan pangan, harga relatif murah karena peserta UKM/Unit Pengolahan Ikan yang diundang difasilitasi tempat bazar sehingga bisa menekan biaya pemasaran.

Kegiatan bazar dilakukan secara rutin dengan frekuensi pelaksanaan sebanyak 4 kali di Tahun 2023. Bazar ini menampilkan multi produk terdiri dari olahan beku, olahan kering, ikan segar, produk olahan rumput laut, ikan kaleng, ikan asap dan berbagai produk diversifikasi dengan harga terjangkau dan berkualitas. UPT Perikana Budidaya ikut dalam kegiatan bazar ini dengan menjual produk hasil budidaya berupa udang dan ikan nila konsumsi, selain itu sebagai Upaya memberikan jaminan keamanan bagi konsumen pengecekan kualitas produk turut dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya harapan dilaksanakannya kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pendapatan UKM pengolah dan pemasar hasil perikanan serta meningkatnya konsumsi ikan bagi masyarakat Jawa Timur.


Berita ini telah diakses 1299 kali

Share Berita

Komentar