Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
News Photo

Pembinaan Perizinan Usaha Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan Di Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Ngawi

Selasa, 14 Mei 2024 – Seksi Verifikasi Perizinan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan Pembinaan Perizinan Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan yang dilaksanakan di Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kelompok Pelaku Usaha UMKM Pengolahan dan Pemasaran Ikan Produk Perikanan (Poklahsar) yang ada di wilayah Kabupaten Ngawi. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah memberikan informasi terkait perizinan yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha agar produk yang dihasilkan terjamin keamanan pangan, kualitas dan bersertifikat halal. Terdapat penyampaian materi dari beberapa narasumber sebagai berikut:

  1. Bapak Angga Bahtera Siswanto, S.Pi selaku Kepala Seksi Verifikasi Perizinan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar

A person standing in front of a large screen

Description automatically generated

Perizinan Berusaha Sektor Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dapat dilakukan melalui sistem OSS RBA. Para pelaku usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan wajib memiliki dokumen-dokumen perizinan terkait dengan produk yang diusakan, seperti Surat Izin Usaha Perikanan Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (SIUP2HP), Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP), dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

2. Bapak Romualdus Hendro P, A.Md selaku Pengolah Data Farmasi Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi

A person in uniform standing in front of a projection screen

Description automatically generated

Para pelaku usaha wajib memiliki SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga). Proses pendaftaran SPP-IRT dapat dilakukan melalui aplikasi SPP-IRT (https://sppirt.ppm.go.id) yang nantinya akan langsung terhubung dengan OSS RBA

3. Ibu Dian Nurmila Wahidah, ST selaku Petugas Lembaga Pendamping Proses Produk Halal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

A person standing in front of a projector screen

Description automatically generated

Beliau menyampaikan mengenai mengenai Ketentuan Regulasi dalam Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH). Semua produk makanan dan minuman yang beredar dan diperdagangkan di seluruh wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. 

Para pelaku usaha dalam bidang pengolahan dan pemasaran hasil kelautan dan perikanan diwajibkan untuk memiliki kelengkapan izin usaha, sertifikasi kelayakan pengolahan, maupun sertifikat halal agar produk yang dijual lebih berkualitas, aman dikonsumsi masyarakat, dan memiliki legalitas yang jelas. Pemenuhan beberapa izin dan sertifikasi juga bermanfaat untuk meningkatkan pemasaran serta daya jual dari produk tersebut. Ketentuan atas jenis izin dan sertifikasi apa saja yang harus dimiliki ditentukan dari jenis produk keluaran dan tujuan penjualannya (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar).

 

A group of people sitting in chairs in a room

Description automatically generated

A group of people sitting in a room

Description automatically generated


Berita ini telah diakses 253 kali

Share Berita

Komentar