Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
Email
diskanla@jatimprov.go.id
News Photo

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Sabtu, 1 Juni 2024, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur melakukan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila sebagaimana amanat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur No. 400.14.1/19217/033.3/2024 Tanggal 27 Mei 2024.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan, dan diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. 

Dalam momentum yang sangat berserah ini, seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedoman agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama untuk pembangunan bangsa ini.

Dengan semangat pancasila yang kuat, maka seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi dasarnya.

Dalam konteks kekinian, penerapan nilai-nilai Pancasila menghadapi berbagai tantangan. Globalisasi, perkembangan teknologi, dan dinamika politik global membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk terus menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila agar tetap relevan dalam menjawab tantangan zaman.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Di tengah pluralitas agama dan kepercayaan, penting untuk menjaga toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa mengajarkan pentingnya menghargai perbedaan dan hidup berdampingan secara damai.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghadapi isu-isu kemanusiaan seperti ketimpangan sosial, kemiskinan, dan pelanggaran hak asasi manusia, Pancasila mengingatkan pentingnya memperlakukan setiap individu dengan adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia: Di era digital yang mempercepat arus informasi dan interaksi, ancaman disintegrasi akibat hoaks dan intoleransi perlu diwaspadai. Pancasila menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Pancasila mendorong demokrasi yang partisipatif dan deliberatif, di mana keputusan diambil melalui musyawarah yang bijaksana untuk kepentingan bersama.
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan perlu diupayakan agar kesejahteraan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, sesuai dengan prinsip keadilan sosial dalam Pancasila.

Pancasila lahir dari semangat para pejuang dalam meraih kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Semoga cita-cita luhur para pendahulu kita tetap berkobar di sanubari kita, rakyat Indonesia masa kini untuk Indonesia SATU & KUAT.

Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas tahun 2045.


Berita ini telah diakses 94 kali

Share Berita

Komentar