Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
News Photo

Pengembangan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Bagi Keluarga Nelayan Di Kota Probolinggo

Di tengah  masa  perubahan iklim, penurunan produktivitas penangkapan,  inflasi dan stabilitas harga komoditas yg tidak menentu perlu wacana baru dalam diversifikasi usaha dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga nelayan, maka Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Kegiatan Pengembangan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Bagi Keluarga Nelayan di Kota Probolinggo (13/6) berupaya untuk tetap membina dan mendampingi keluarga nelayan agar survive dan mandiri dengan target/ sasaran keluarga nelayan, baik nelayan itu sendiri, istri maupun anak-anak nelayan untuk berdikari dengan memulai usaha sampingan selain penangkapan ikan. 

Tema usaha yang diberikan juga berasal dari minat keluarga nelayan dan potensi daerah setempat. Di Kota Probolinggo para istri nelayan dilatih membuat amplang tenggiri dari bahan baku mentah hingga menjadi olahan siap makan. Pada kegiatan ini dihadirkan success story pengusaha amplang yang sudah berhasil membangun usahanya hingga dapat memasarkan produknya sampai ke tingkat retail. Success story ini harapannya dapat memotivasi peserta sebagai contoh nyata bagaimana suatu usaha itu dibangun dari nol hingga berkembang seperti sekarang. 

Mata pencaharian alternatif ini diharapkan bisa membantu nelayan meningkatkan taraf perekonomiannya sebagai sumber pendapatan tambahan atau sampingan dikala masa paceklik.


Berita ini telah diakses 203 kali

Share Berita

Komentar