Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
News Photo

Hari Kelautan Nasional 2024

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki kekayaan kelautan yang luar biasa. Terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau dengan garis pantai sepanjang sekitar 108.000 kilometer, luas perairan laut Indonesia sekitar 6.400.000 km2, sementara luas perairan laut Jawa Timur seluas 5.202,58 km2 atau 0,081%, dari total luas perairan Indonesia dan panjang garis pantai Jawa Timur adalah 3.543,54 km atau sekitar 3,28% dari total panjang garis pantai Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Keanekaragaman Hayati

Indonesia dikenal sebagai pusat keanekaragaman hayati laut dunia. Terumbu karang Indonesia mencakup sekitar 18% dari total terumbu karang dunia dan menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 spesies ikan karang. Selain itu, perairan Indonesia merupakan habitat bagi berbagai spesies laut yang langka dan dilindungi seperti penyu laut, lumba-lumba, dan paus.

Wilayah perairan Indonesia yang termasuk dalam wilayah Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle) merupakan salah satu ekosistem laut terkaya di dunia. Keanekaragaman spesies yang tinggi ini tidak hanya penting untuk ekosistem laut, tetapi juga berkontribusi pada ekonomi lokal melalui pariwisata dan perikanan.

Potensi Ekonomi

Kelautan Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sektor perikanan, misalnya, memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Dengan perairan yang kaya akan sumber daya ikan, Indonesia menjadi salah satu produsen ikan terbesar di dunia. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, produksi perikanan Indonesia mencapai lebih dari 20 juta ton pada tahun 2022.

Selain itu, sektor pariwisata bahari juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Destinasi seperti Bali, Raja Ampat, dan Pulau Komodo terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memikat para wisatawan dari seluruh dunia. Aktivitas seperti menyelam, snorkeling, dan berlayar tidak hanya menarik wisatawan tetapi juga memberikan lapangan kerja dan pendapatan bagi masyarakat setempat.

Tantangan dan Pengelolaan

Meskipun memiliki potensi yang besar, sektor kelautan Indonesia juga menghadapi berbagai tantangan. Penangkapan ikan ilegal, pencemaran laut, dan perubahan iklim adalah beberapa isu utama yang mengancam keberlanjutan ekosistem laut. Oleh karena itu, pengelolaan yang baik dan berkelanjutan menjadi sangat penting.

Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi kekayaan lautnya, termasuk melalui pembentukan kawasan konservasi laut dan penguatan kebijakan penangkapan ikan yang berkelanjutan. Pendidikan dan kesadaran masyarakat juga ditingkatkan untuk menjaga lingkungan laut agar tetap lestari.


Berita ini telah diakses 150 kali

Share Berita

Komentar