Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
News Photo

Pembinaan Rehabilitasi Ekosistem Mangrove di Kabupaten Tulungagung – Cabdin KP Blitar

Tulungagung, 25 Juni 2024 - Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar – Seksi Konservasi Kelautan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar melaksanakan kegiatan Pembinaan Rehabilitasi Ekosistem Mangrove yang dilaksanakan di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove dan jenis-jenisnya. Dengan Narasumber sebagai berikut:

1. Ibu Evi Rachmawati, S.Pi., M.AP. (Kepala Seksi Konservasi Kelautan Cabdin KP Blitar)

2. Bapak Ulul Azmi, S. E. (Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung)

Peserta kegiatan merupakan Pokmaswas dan Masyarakat Pesisir Desa Ngrejo Kabupaten Tulungagung. Kabupaten Tulungagung memiliki garis pantai 61,47 km. Adapun sebaran potensi mangrove yang ada di Desa Ngrejo berada pada Pantai Brumbun (1-1,5 ha) dan Pantai Gerangan (<1 ha) dengan jenis Rhizophora, Avicennia, Sonneratia, Ceriops dan Bruguiera.

Kendala yang terjadi dalam pengelolaan mangrove adalah di Pantai Brumbun rawan banjir dan arus deras saat musim hujan sehingga banyak mangrove yang hanyut. Sedangkan pada Pantai Gerangan kurangnya intensitas cahaya matahari yang masuk, sehingga beberapa jenis mangrove tidak dapat tumbuh pada lokasi tersebut. Diharapkan masyarakat ikut terlibat dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan khususnya ekosistem mangrove. Adapun manfaat mangrove antara lain untuk mencegah abrasi pantai, sebagai tempat hidup biota pesisir, dan sebagai penahan gelombang air laut. Masyarakat pesisir Pantai Gerangan telah memiliki keterampilan untuk mengolah buah bogem (mangrove jenis Sonneratia) menjadi sirup namun masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut terkait pemasaran dan keaktifan Poklahsar. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar)


Berita ini telah diakses 122 kali

Share Berita

Komentar