Hubungi Kami
Telp. (031) 8281672
News Photo

Literasi Digital pada UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu sebagai Wujud Transparansi Data Informasi Publik Sektor Kelautan dan Perikanan

Dalam rangka memperkuat peran Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu, Tuban sebagaimana amanat Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 74 Tahun 2018 pada Bab VII pasal 29 Ayat (1) poin (e), yaitu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat. Mengacu pada hal tersebut, maka dilakukan suatu upaya untuk memperkenalkan “Data Digital Dinamis” sebagai bagian dari Literasi Digital. Data Digital Dinamis berisi statistik pelabuhan perikanan serta potensi sektor Kelautan dan Perikanan di wilayah Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu. Data tersebut merupakan data update dan real time yang bisa diakses secara offline di Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu dan online melalui : https://pppbulu.dkp.jatimprov.go.id/produksi-dan-logistik-purse-seine/

Tujuan Literasi Digital ini sebagai wujud transparansi data informasi publik yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya sebagai media referensi di bidang penelitian, sehingga satu data terintegrasi dalam satu akses.

Literasi Digital mulai diimplementasikan pada tahun 2023, launching resmi dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2023 dan telah dimanfaatkan oleh lebih dari 200 pengguna informasi. Literasi Digital ini berawal dari adanya kebutuhan data informasi khususnya di kelompok pelaku bisnis dan akademisi, dimana diperlukan informasi yang terbaru dan mudah untuk diakses secara mandiri, sehingga meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan permintaan data informasi publik.

Dengan adanya Literasi Digital harapannya dapat memberikan ruang informasi publik secara transparan kepada masyarakat, serta data yang disampaikan bersifat update dan secara real time, sehingga dapat menjadi acuan data informasi yang akurat di bidang Kelautan dan Perikanan.


Berita ini telah diakses 1612 kali

Share Berita

Komentar