Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik di lingkungan UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan publik juga diperlukan untuk dapat membangun Public Trust terhadap penyelenggara pelayanan publik. Program Penguatan Kualitas Pelayanan Publik memiliki rencana aksi dengan indikator sebagai berikut:
1.Standar Pelayanan
- Penyusunan Standar Operasional Prosedure (SOP) Pelayanan;
- Menerapkan Standar Operasional Prosedure (SOP) Pelayanan;
- Melakukan reviu Standar Operasional Prosedure (SOP) Pelayanan;
- Melakukan Sosialisasi Standar Operasional Prosedure (SOP) Pelayanan;
- Memiliki informasi tentang standar pelayananyang mudah diakses melalui berbagai media;
- Melakukan Survey Kepuasan Masyarakat; dan
- Monitoring dan Evaluasi Survey Kepuasan Masyarakat.
2.Budaya Pelayanan Prima
- Melaksanakan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima;
- Menampilkan pelayanan publik UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan di berbagai media;
- Menetapkan sistem reward dan punishment bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar;
- Melaksanakan proses pelayanan secara terpadu;
- Melaksanakan inovasi pelayanan.
3.Pegelolaan Pengaduan
- Telah memiliki media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi denganSP4N-Lapor!;
- Memiliki unit yang mengelola pengaduandan konsultasi pelayanan;
- Melakukan evaluasiatas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi.
4.Penilaian KepuasanTerhadap Pelayanan
- Melaksanakan survey kepuasan masyarakat terhadappelayanan;
- Mempublikasikan hasil survey kepuasan masyarakat secara terbuka;
- Menindaklanjuti hasil survey kepuasan masyarakat.
5.Pemanfaatan Teknologi Informasi
- Menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan;
- Membangun database pelayanan yang terintegrasi;
- Laporan perbaikan pemanfaatan teknologi informasi.
Melalui indikator-indikator tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran sebagai upaya dalam pencapaian target pelaksanaan penguatan kualitas pelayana publik.Adapun target yang ingin dicapai melalui program penguatan kualitas pelayanan publik adalah sebagai berikut :
- Meningkatnya kualitas pelayanan publik UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan;
- Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayananUPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan.